CSC, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46,
Cibinong 16911

Mikrobiologi Industri

Written by Super User

Profil Laboratorium Mikrobiologi Industri

Laboratorium Mikrobiologi Industri merupakah salah satu laboratorium yang ada di Bidang Mikrobiologi Pusat Penelitian Biologi LIPI. Laboratorium yang berada dalam naungan Bidang mikrobiologi memiliki tugas pokok dan fungsi yang mengacu kepada SK Laboartorium No. 1931/IPH.1/HK.01.03/i/2016 dan tugas-tugas lain yang sesuai dengan kompetensi inti masing-masing laboartorium. Adapun Laboratorium Mikrobiologi Industri memiliki kompetensi inti dalam melakukan penelitian yang terkait dengan mikrobiologi industri. Penelitian yang dilakukan meliputi:

  • Penelitian mengenai peran biologi mikrob terpilih dan derivatnya sebagai agensia penghambat/pembatas pertumbuhan atau agensia stimulan pertumbuhan mikroorganisme lain seperti antibiotik, prebiotik, probiotik, dan sinbiotik.
  • Penelitian mengenai struktur komunitas microbiome dan interaksi kompleks antara mikrob dan inangnya (manusia dan hewan) meliputi mutualisme, komensalisme, patogenitas.
  • Penelitian mengenai manfaat fungsional baru (novel properties) sumber daya hayati (tumbuhan/hewan) hasil bioproses mikrob dan mengembangkan produk antara (intermediate bioproduct) yang selaras dengan standar industri baik teknis maupun non-teknis.
  • Pengembangan metode uji biologis untuk manfaat potensial mikrob indigenos dan model monitoring efikasinya.

Saat ini, Mikrobiologi Industri memfokuskan penelitian pada mikroba kandidat probiotik, prebiotik, ezim pencerna, pemanfaatan mikrob untuk akuakultur dan bahan pengobatan. Adapun riset yang bersifat penggalian data dasar yang berkenaan dengan karakterisasi mikroorganisme diantaranya, yaitu :

  1. Kolonisasi sel epitelium oleh probiotik
  2. Sistem imunitas
  3. Modulasi sifat fisiologi – antioksidan, antidiabet
  4. Anti mikroba/Antikanker
  5. Survival pobiotik pada sistem pencernaan
  6. Kajian Metagenomik Asosiai Mikroorganisme –
  7. Inang Untuk Pemanfaatan Probiotik dan Prebiotik
  8. Aktivitas enzim pencerna bahan kompleks

 

Category: