Lampiran ke-12    : SK Kepala Pusat Penelitian Biologi

Nomor                  : 2264/IPH.1/IF.07/VIII/2016

Tanggal                : 8 Agustus 2016

STANDAR PELAYANAN BACA DI TEMPAT

PUSAT PENELITIAN BIOLOGI-LIPI

 

A.      DASAR HUKUM:

1.       Undang-UndangNomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

2.       Undang-UndangNomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

3.       Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 106 Tahun 2012 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

4.       Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

5.  Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap PenyenggaraanPelayananPublik.

6.      Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Secara Nasional.

7.       Peraturan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor 8 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

8.       Peraturan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Laksana Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

 

B.      PERSYARATAN

1.       Mengisi buku tamu.

2.       Menyerahkan kartu identitas diri yang sah dan masih berlaku (KTP, KartuMahasiswa/Pelajar).

 

C.      SISTEM, MEKANISME DAN PROSEDUR

1.         Pengguna/anggota perpustakaan yang mencari informasi koleksi tertentu harus datang ke Perpustakaan Pusat Penelitian Biologi-LIPI.

2.         Pemakai jasa yang akan membaca buku harus mencari data buku yang dicari melalui pangkalan data buku, katalog, baik katalog kartu mapun katalog buku.

3.         Jika data koleksi yang dicari ada pada salah satu katalog di atas, selanjutnya mengisi formulir baca di tempat (FR.7.5.1.PU.11-01) yang disediakan di layanan pengunjung.

4.         Formulir baca di tempat (FR.7.5.1.PU.11-01) berisi data koleksi antara lain nomor klasifikasi buku (nomor panggil buku), nama pengarang, judul, dan nama pembaca.

5.         Jika data buku yang dicari tidak ada di katalog, petugas layanan akan merujuk ke perpustakaan lain.

6.         Pemakai jasa menyerahkan formulir baca di tempat tersebut kepada petugas layanan. Petugas akan mencari buku yang dimaksud di ruang koleksi, sedangkan pemakai menunggu di ruang baca.

7.         Setelah buku ditemukan, formulir akan disimpan sebagai bahan pembuatan statistik pemakaian bahan pustaka.

8.         Petugas memanggil nama pemesan buku, sedangkan pemesan menyerahkan kartu anggotanya.

9.         Jika temyata buku yang dicari tidak ada di rak karena dipakai untuk pameran, sedang difumigasi, atau karena hal lain, petugas berusaha mencarikan penggantinya ke rak deposit.

10.      Jika rak deposit ternyata tidak memiliki buku tersebut, maka dicarikan ke perpustakaan lain yang memiliki buku tersebut.

11.      Setelah buku diterima oleh pemakai, petugas mencatat nomor klasifikasi pada buku statistik yang akan dijumlah setiap harinya untuk dijadikan data statistik bulanan.

12.      Buku yang telah selesai dibaca, dikembalikan ke petugas dan pengguna akan menerima kembali kartu anggotanya.

13.      Untuk buku yang akan dibaca ulang akan diletakkan pada rak khusus.

 

D.      WAKTU PELAYANAN

1.       Layanan baca di tempat dilakukan pada hari kerja :

Senin – Kamis     : 09.00-12.00 WIB dan 13.00-15.00 WIB.

Jum’at                   : 09.00-11.30 WIB dan 13.30-15.30 WIB.

2.       Layanan baca di tempat dilakukan di Perpustakaan Pusat Penelitian Biologi-LIPI.

 

E.       BIAYA/TARIF

Rp 0,00

 

F.       PRODUK PELAYANAN

Buku atau terbitan berseri yang dibaca di tempatbaik dalam bentuk cetak maupun digital.

 

G.     PENANGANAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN

1.       Media tatap muka/langsung.

2.       Media internet, dengan alamat email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. .

 

H.     SARANA PRASARANA DAN/ATAU FASILITAS

1.       Koleksi bahan pustaka yang terdapat di Perpustakaan Pusat Penelitian Biologi.

2.       Data base pustaka dan digital library (Biolib) yang terdapat di Perpustakaan Pusat Penelitian Biologi.

3.       Sarana terkait administrasi untuk pembuatan surat menyurat: komputer, printer, scanner, fax.

 

I.        KOMPETENSI PELAKSANA

Pelaksana proses pemberian layanan baca di tempat adalah:

1.         Staf perpustakaan sesuai dengan tugasnya.

2.         Pustakawan yang berpengalaman.

 

J.        PENGAWASAN INTERNAL

Pusat Penelitian Biologi sudah menetapkan standar pengawasan internal secara berkala melalui audit internal dan kaji ulang manajemen sesuai ISO SNI 9001: 2008.

 

K.      JUMLAH PELAKSANA

1.       Staf perpustakaan  : 5 orang

2.       Pustakawan             : 7 orang

 

L.       JAMINAN PELAYANAN

Pusat Penelitian Biologi memberikan jaminan kepastian layanan yang diberikan sesuai dengan waktu dan kualitas yang sudah di janjikan. Apabila layanan tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan, maka akan diberikan kompensasi berupa souvenir.

 

M.    JAMINAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN PELAYANAN

Pusat Penelitian Biologi menjamin keamanan dan keselamatan para pemohon layanan selama melakukan kegiatan baca di Perpustakaan Pusat Penelitian Biologi.

 

N.     EVALUASI KINERJA PELAKSANA

1.       Pusat Penelitian Biologi menetapkan standar evaluasi secara berkala melaui audit internal dan kaji ulang manajemen sesuai ISO SNI 9001: 2008.

2.       Menyebarkan kuesioner kepada pelanggan untuk mengetahui kepuasan pelanggan dan perbaikan pelayanan yang harus dilakukan.

 

KEPALA PUSAT PENELITIAN BIOLOGI

WITJAKSONO

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

Newsletter

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top