Lampiran ke-9      : SK Kepala Pusat Penelitian Biologi

Nomor                  : 2264/IPH.1/IF.07/VIII/2016

Tanggal                : 8 Agustus 2016

 

STANDAR PELAYANAN KUNJUNGAN KE FASILITAS RISET DAN KOLEKSI ILMIAH

PUSAT PENELITIAN BIOLOGI-LIPI

 

 

A.         DASAR HUKUM:

1.   Undang-UndangNomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

2.   Undang-UndangNomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

3.   Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 106 Tahun 2012 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

4.   Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

5.   Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyenggaraan Pelayanan Publik.

6.   Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Secara Nasional.

7.   Peraturan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor 8 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

8.   Peraturan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Laksana Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

 

B.         PERSYARATAN

1.       Surat permohonandari instansi yang ditujukan kepada Kepala Pusat Penelitian Biologi-LIPI.

2.       Kunjungan di Herbarium Bogoriense, Bidang Botani hanya dapat dilakukan oleh mahasiswa / setingkat.

3.       Kunjungan di Museum Zoologicum Bogoriense, Bidang Zoologi dapat dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa.

4.       Kunjungan di InaCC, Bidang Mikrobiologi dibatasi sebanyak maksimal 20 orang.

 

C.         PROSEDUR

1.       Pemohon mengirimkan surat permohonan melakukan kunjungan ilmiah yang ditujukan kepada Kepala Pusat Penelitian Biologi-LIPI paling lambat 1 (satu) bulan sebelum hari kunjungan.

2.       Pelayanan jasa kunjungan fasilitas riset dilaksanakan setiap hari Kamis pada jam kerja.

3.       Isi surat permohonan meliputi:

a.    Tanggal pelaksanaan kunjungan ke bidang yang akan dikunjungi (Bidang Botani, Bidang Zoologi, Bidang Mikrobiologi).

b.    Jumlah peserta kunjungan.

c.     Nama, nomor telepon dan email penanggung jawab rombongan.

4.       Pusat Penelitian Biologi-LIPI melalui Subbagian Kerja Sama dan Informasiakan melakukan konfirmasi kunjungan selama paling lambat10hari kerja.

5.       Melakukan pembayaran jasa kunjungan pada hari kunjungan pada petugas PNBP di masing-masing Tata Usaha Penghubung Bidang Zoologi, Bidang Botani dan Bidang Mikrobiologi.

 

D.         WAKTU PELAYANAN

Jadwal kunjungan ilmiah setiap hari Kamis, pukul 09.00-12.00 WIB dan 13.00-15.00 WIB.

 

 

E.          BIAYA/TARIF

Tarif Kunjungan adalah sebagai berikut :

1.  Peserta kunjungan   1 – 25 orang  : Rp150.000,00

2.  Peserta kunjungan 26 – 75 orang  : Rp250.000,00

 

F.          PRODUK

InformasiilmiahterkaitpenelitiandanpengembanganbidangilmuBiologi (Botani, Zoologi   dan Mikrobiologi)dalam kerangka memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memasyarakatkan hasil-hasil penelitian.

 

G.        PENANGANAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN

Pengaduan, saran dan masukan terkait pelayanan dapat disampaikan melalui:

1.       Media tatap muka/langsung.

2.       Media internet, dengan alamat email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. .

 

H.        SARANA DAN PRASARANA

1.      Koleksi spesimen baik flora, fauna dan mikroba yang tersimpan di ruangan khusus yang berstandar internasional (ISO SNI 9001:2008).

2.      Laboratorium riset yang berstandar internasional dengan alat yang modern.

3.      Ruang pertemuan yang memuat lebih dari 150 orang, dilengkapi dengan AC dan jaringan internet.

4.      Lapangan parkir yang cukup luas, toilet, ruang tunggu, kantin dan mushola.

 

I.           KOMPETENSI PELAKSANA

Petugas pelaksana/guide  sudah memiliki keahlian dan pengetahuan terkait dengan bidang ilmu yang akan dikunjungi oleh peserta pengunjung.

 

J.           PENGAWASAN INTERNAL

Manajemen Pusat Penelitian Biologi sudah menetapkan standar pengawasan internal secara berkala melalui audit internal dan kaji ulang manajemn sesuai ISO 9001-2008.

 

K.         JUMLAH PELAKSANA

1.      Kepala Pusat Penelitian Biologi     :1 orang

2.      Kepala Bidang                                      : 3 orang

3.      Peneliti BidangBotani                        : 68 orang

4.      Peneliti BidangZoologi                      : 52 orang

5.      Peneliti BidangMikrobiologi           : 35 orang

6.      Petugas PNBP                                      :   3 orang

 

L.          JAMINAN PELAYANAN

Pusat Penelitian Biologi-LIPI memberikan kepastian layanan yang diberikan sesuai dengan waktu dan kualitas yang sudah dijanjikan. Apabila layanan tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan maka diberikan kompensasi berupa souvenir.

 

M.       JAMINAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN PELAYANAN

Pusat Penelitian Biologi menjamin keamanan dan keselamatan para peserta selama mengikuti kunjungan ilmiah ditempat koleksi dan laboratorium baik di dalam dan di luar ruangan, karena setiap tahapan kegiatan yang dilakukan sudah sesuai dengan ISO SNI 9001:2008.

 

N.        EVALUASI KINERJA PELAKSANA

1.    Pusat Penelitian Biologi menetapkan standar evaluasi secara berkala melalui audit internal dan kaji ulang manjemen sesuai ISO SNI 9001:2008.

2.    Menyebarkan kuesioner kepada pelanggan untuk mengetahui kepuasan pelanggan dan perbaikan pelayanan yang harus dilakukan.

 

 

         KEPALA PUSAT PENELITIAN BIOLOGI

                                                  

        WITJAKSONO

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

Newsletter

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top