KOMPETENSI LABORATORIUM (Tugas dan Fungsi)

Melakukan penelitian, pengkajian, dan pengungkapan keanekaragaman struktur dalam (anatomi) dan sifat-sifat sel (sitologi) berbagai jenis tumbuhan

Ringkasan Kegiatan 2014

Dalam kurun waktu tahun 2014, Laboratorium Morfologi, Anatomi, dan Sitologi telah melakukan  kegiatan pembuatan sediaan/ preparat secara anatomi, paradermaal, maupun sitologi, yang diperlukan dalam rangka penelitian, PKL, maupun pembimbingan.

Pengguna fasilitas Laboratorium umumnya adalah para peneliti, baik intern dari Puslit Biologi – LIPI sendiri, dari luar Satker, maupun peneliti dari Instansi lain.

PKL adalah para mahasiswa yang melakukan Praktek Kerja Lapangan pada semester akhir, yang memanfaatkan fasilitas Laboratorium untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan di bidang Mikroteknik.

Pembimbingan pembuatan preparat juga diberikan kepada mahasiswa/i yang umumnya akan meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi (S2 atau S3).

Resume Hasil yang signifikan

Hasil-hasil signifikan yang merupakan kajian dari Laboratorium Morfologi, Anatomi, dan Sitologi antara lain berupa publikasi ilmiah, yaitu:

Erlinawati, I. dan Tihurua, E.F. 2013. Leaf Surface Comparison of Three Genera under Tribe Colocasieae (Araceae) in Indonesia. Buletin Kebun Raya 16 (2): 131-145.

Santika, Y., Tihurua, E.F. and Triono, T. 2014. Comparative  leaves  anatomy of Pandanus, Freycinetia and Sararanga (Pandanaceae) and their diagnostic value. Reinwardtia 14 (1): 163-170.

Tihurua, E.F. dan Erlinawati, I. 2014. Leaf anatomy of Pandanus spp. (Pandanaceae) from Sebangau and Bukit Baka-Bukit Raya National Park, Kalimantan, Indonesia. Reinwardtia 14 (1): 223-231.

Rachman, E., E.F. Tihurua dan Sunaryo. 2014. Pengamatan Nyali di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Jawa Barat, Indonesia. Berita Biologi 13 (1): 39-47.

 

Pembimbingan

Pembimbingan diberikan kepada sejumlah mahasiswa S1, S2, dan S3, serta Dosen, yaitu:

- Hirman, mahasiswa S1 UIN Yogyakarta (PKL)

- Effendi, mahasiswa S2 IPB (penelitian)

- Asih Perwita Dewi, mahasiswi S2 IPB (penelitian)

- Fitri Sri Rezeki, mahasiswi S2 IPB (penelitian)

- Dwi Putri Ramadhani, mahasiswi S2 IPB (penelitian)

- Zainal Muttaqin, mahasiswa S3 IPB (pelatihan, penelitian dan training)

- Hartati, Dosen Univ. Bangka-Belitung (training)

 

Laboratorium

Layanan Jasa

Alat Pendukung

Morfologi, Anatomi dan Sitologi

 

(Dr. Sunaryo)

a)       Pembimbingan mahasiswa

b)       Pembuatan sediaan/ preparat anatomi bagian-bagian organ tumbuhan (batang, akar, daun, kuncup dll).

c)     Pembuatan sediaan/ preparat sitologi/ khromosom dari tumbuhan, untuk menghitung jumlah dan melihat variasi bentuknya.

d)     Pembuatan sediaan/ preparat paradermal daun tumbuhan, untuk melihat, mengukur dan menghitung derivate-derivat daun, yaitu: epidermis, stomata, bulu-bulu dan rambut-rambut daun. - pembuatan sediaan/preparat anatomi berbagai jenis tumbuhan, dengan metode parafin.

e)      Pengungkapan dan penghitungan kromosom berbagai jenis tumbuhan, dengan metode squas.

f)      Penghitungan dan pengukuran stomata berbagai jenis tumbuhan, dengan metode paradermal daun.

g)     Analisa pollen dengan metode squas pewarnaan methylgreen dan safranin

h)     Pemotretan anatomi

a)       Alat mikrotom

b)       Mikroskop Nikon Eclipse 80i.

 

 

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

Newsletter

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top