• 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

WhatsApp Image 2020 05 15 at 07.53.33

Cibinong, Humas LIPI. Berlokasi di Pusat Penyimpanan Koleksi Mikroorganisme di Cibinong, yakni Indonesian Culture Collection (InaCC) Cibinong Science Center, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melanjutkan kiprahnya dalam membantu Pemerintah dalam Penanganan Virus COVID-19 dengan menyelenggarakan Pelatihan off line Deteksi Virus Covid-19 yang telah memasuki sesi ke VI (14/5). Sebelumnya telah dilakukan pelatihan on line (6/5) yang diikuti oleh 100 peserta, maka untuk pelatihan off line yang dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI ini, hanya diikuti 16 orang peserta yang dibagi menjadi dua tim. Tim pertama yang berjumlah delapan orang peserta telah menyelesaikan pelatihan off line lebih awal (11/5).

Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI sekaligus Wakil Penanggung Jawab Gugus Tugas Pelatihan “Indonesia Memanggil” untuk Penanganan COVID-19, Dr. Atit Kanti, M. Sc mengatakan dari 1000 orang yang mendaftar, maka 100 peserta terpilih dilatih secara on line setiap hari Rabu. “Para peserta diberikan pengetahuan mengenali, mendeteksi, mempelajari bagaimana hidup virus COVID-19 di alam, “ungkapnya.

Dirinya menjelaskan untuk pelatihan off line dibatasi hanya 16 peserta terpilih disebabkan keterbatasan tempat dan waktu serta pertimbangan physical distancing. “Kami berfikir harus memilih orang yang tepat karena peserta yang telah mengikuti kursus off line nantinya dapat terjun langsung menjadi pendeteksi virus COVID-19,” terang Atit.

Atit menyatakan meskipun sebelumnya peneliti Indonesia dari Universitas Oxford mengungkap saat ini sudah ada uji klinis vaksin untuk COVID-19 terhadap manusia yang dikembangkan perusahaan dan universitas di seluruh dunia, namun diprediksi belum dapat ditemukan vaksinnya hingga akhir tahun 2020. “Meski sampai hari ini vaksin belum ditemukan, tapi kita tetap optimis dan terus berjaga-jaga apabila virus masih berkeliaran di bumi Indonesia,” tegasnya. “Jika dilihat  virus yang terus bermutasi, diharapkan kita dapat beradaptasi dengan mempersiapkan semuanya lebih baik,” harapnya saat menutup sambutan.

Pelatihan berlangsung hingga sore hari dengan materi-materi antara lain: Pemakaian APD dan simulasi penanganan sampel tumpah, Briefing Ekstraksi RNA dan pembuatan mix PCR, Simulasi ekstrak dan pembuatan master mix, Simulasi virtual RT-qPCR dan pelatihan diakhiri dengan kunjungan ke Biosafety Level 3 (BSL-3) LIPI yang berstandar WHO.

Sebagai informasi Pelatihan Deteksi Virus COVID-19 yang sejak awal dimulai (31/3) diikuti peserta yang tak hanya berasal dari LIPI namun berasal pula dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Riset dan Teknologi/BRIN, Universitas, Pemerintah Daerah, tenaga medis di laboratorium dan rumah sakit serta Tentara Nasional Indonesia akan diselenggarakan LIPI hingga akhir Mei 2020. (SL)

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top