• 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

WhatsApp Image 2019 12 19 at 15.26.36

Cibinong, Humas LIPI. Keanekaragaman flora rotan memiliki kontribusi yang sangat besar dalam perekonomian Indonesia. Sekitar 90% potensi rotan dihasilkan dari hutan alam yang terdapat di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua Bara t- ditambah dengan sekitar 10% potensi dihasilkan dari rotan yang sudah dibudidayakan. Sementara itu, luas areal  budidaya rotan saat ini baru mencapai 48.000 ha, sehingga masih perlu dikelola lebih optimal.

Rotan merupakan jenis tumbuhan hasil hutan bukan kayu yang termasuk dalam suku Arecaceae (palem-paleman). Umumnya jenis tumbuhan ini merambat, berbatang langsing, beruas, tidak berongga dan berduri.

Saat ini di Indonesia terdapat ratusan jenis rotan dan kurang dari 15 marga rotan. Baru-baru ini peneliti palem dari Institute of Systematic Botany, Botanical Garden New York, Andrew Henderson dan Himmah Rustiami peneliti palem dari Pusat Penelitian Biologi LIPI berhasil mengindentifikasi tujuh (7) jenis baru rotan marga Calamus dari Sumatera, yaitu Calamus caurinus, C. gajoensis, C. pertenuis, C. septimus, C. sessiliflorus, C. subsolanus dan C. susukensis.

Identifikasi ketujuh jenis tersebut menambah jumlah jenis Calamus dari Pulau Sumatera menjadi 62 jenis. Jenis baru Calamus tersebut dijelaskan dalam bentuk pertelaan tiap jenis, habitat tempat tumbuhan, persebaran serta ilustrasi botaninya yang sudah dibandingkan dengan jenis-jenis  yagn sudah diterbitkan terlebih dulu. Jenis  baru tersebut dipublikasikan di Phytotaxa Journal 415 (3), yang terbit pada tanggal 28 Agustus 2019.

Himmah menjelaskan mengenal rotan tidaklah mudah. Sangat sulit mengenal dan membedakan karakter morfologi vegetatif antar jenis rotan, yang terletak pada karakteristik pelepah daunnya. Selain itu, rotan sangat bervariasi. Karakteristik penting rotan yang berkaitan dengan ukuran fisik pada anakan rotan juga sangat berbeda jika dibandingkan dengan rotan dewasa. Oleh sebab itu, kunci pertelaan berdasarkan karakteristik sangat berguna dalam membedakan satu jenis rotan dengan jenis rotan lainnya sehingga sangat membantu dalam memulai identifikasi rotan.

Pertelaan jenis baru rotan yaitu Calamus caurinus diambil dari koleksi Herbarium Bogoriense yang ditemukan di daerah Sumatera Utara, yaitu di Sibual-buali pada tahun 1993 dan Langkat pada tahun 1973. Jenis ini tumbuh di hutan hujan dataran rendah atau lereng pegunungan pada ketinggian 900m.

Berbeda dengan Calamus gajoensis yang ditemukan di ujung barat Indonesia, tepatnya di Gunung Kemiri Aceh. Jenis ini tumbuh di hutan hujan pegunungan pada ketinggian rata-rata 1733 m dpl., dengan rentang ketinggian dari 1500-2000 m dpl. Berbeda dengan C.padangensis, jenis baru ini mempunyai anak daun banyak dan berbulu atau berduri lembut pada pertulangan daun bagian bawah; diameter batang lebih kecil yaitu 0,8 (0,6-1,1) cm. Dari keenam jenis lainnya, C. gajoensis paling mirip dengan C. padangensis dari Semenanjung Malaysia.

Jenis baru berikutnya adalah Calamus pertenuis yang ditemukan di Padang, Sumatera Barat dan Calamus septimus ditemukan di Gunung Tujuh Sumatera. Dua jenis terakhir yaitu Calamus sessiliflorus dijumpai di pegunungan hutan hujan di ketinggian 1.200 m dpl di daerah Sumatera Barat sedangkan Calamus susukensis ditemukan di hutan hujan dataran rendah pada ketinggian 900 m di daerah Sumatera bagian utara.

Ketujuh jenis baru rotan tersebut berpotensi untuk dimanfaatkan. Hanya saja, saat ini - baru dimanfaatkan dalam skala kecil untuk kebutuhan sehari-hari penduduk yang tinggal disekitar hutan. Beberapa jenis rotan komersil sudah dibudidayakan antara lain dari jenis Calamus manan dan C. caesius. Hasil rotan yang paling penting adalah batang rotan yang pelepah daunnya telah dihilangkan. Penduduk di Asia tropis umumnya memanfaatkan rotan sebagai bahan baku pembuatan mebel (funitur), barang kerajinan, dan perabot rumah tangga. Bahkan, terdapat beberapa jenis rotan yang umbutnya dapat dimakan, serta akar dan buahnya digunakan sebagai bahan baku obat (sa).

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top