• 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

landak liar ok

Jawa Tengah, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Biologi LIPI melaksanakan kegiatan pelepasan 30 Landak Jawa ke Habitatnya, Atit Kanti, selaku Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI, membuka secara resmi dan sekaligus serah terima secara simbolis kegiatan pelepasliaran landak jawa (Hystrix javanica) kepada Kepala Balai Taman Nasional  Gunung Merbabu, Jawa Tengah pada Selasa, (12/11) di Jawa Tengah. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional. Dalam sambutannya Atit, menyampaikan bahwa “ini merupakan berkolaborasi LIPI dengan Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)”. Secara keseluruhan kegiatan ini merupakan kewajiban LIPI untuk terus mendukung ilmu ilmu yang berkaitan dengan tumbuhan dan satwa liar, ujarnya. Dalam kegiatan pelepasliarkan Landak Jawa ini turut dihadiri peneliti Puslit Biologi (Ibnu Maryanto), Kepala Bidang Zoologi Puslit Biologi-LIPI (Cahyo Rahmadi), dan Kepala Balai TN. Gunung Merbabu, (Junita Parjanti).

Kepala Bidang Zoologi Puslt Biologi LIPI (Cahyo Rahmadi),  menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah ke tiga kalinya dan merupakan kegiatan wajib, penelitian untuk dapat berkontribusi pada kegiatan konservasi. Kita berharap jumlah populasi terus bertambah, harapannya kedepan kerjasama LIPI dan Kementerian Lingkungan Hidup terus terjalin, ungkap Cahyo.

Indra Eksploitasia, selaku Direktur KKH, mengucapkan terima kasih kepada Peneliti LIPI yang telah memberikan konstribusi mulai dari proses pengembangbiakan Landak Jawa sampai ke pelepasliaran ke habitat alamnya, Indra berharap landak ini lestari di alamnya dan berkelanjutan sehingga generasi muda dapat melihatnya, jelas Indra.

Landak jawa merupakan satwa yang dilindungi di Indonesia. Penelitian landak jawa ini telah dilakukan sekitar 10 tahun di Bidang Zoologi, Pusat Penelitian Biologi-LIPI. Kelompok penelitian nutrisi dan penangkaran satwa liar telah mempelajari aspek perilaku, nutrisi, anotomi-fisiologi, dan reproduksi landak jawa dan telah menghasilkan keturunan kedua (F2) landak jawa sekitar 100 ekor. Sebelum pelepasliaran, kami telah melakukan penandaan kandidat landak jawa yang akan dilepasliarkan dengan microchip dan telah dilakukan analisis genetika  untuk memastikan status taksonominya. Kami telah melakukan habituasi pakan dipenangkaran sebagaimana pakan alaminya di alam.  Selama habituasi pakan, peneliti juga melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengamatan perilaku landak jawa. Landak jawa merupakan satwa pemakan tumbuhan (herbivora) dan memiliki peranan ekologi sebagai pemencar biji. Perilaku landak menggali tanah dapat meningkatkan aerasi tanah dan penetrasi air di lingkungan sekitarnya, dijelaskan Inayah, selaku  koordinator pelepastarian landak jawa

Sebagaimana kegiatan ini dengan melepasliarkan sebanyak 30 ekor landak jawa di Taman Nasional Merbabu Jawa Tengah. Adapun lokasi pelepasliaran landak jawa dilakukan di 3  lokasi yang berbeda, yaitu ; Daerah Ampel Boyolali di dua lokasi,  Dusun di Candilaras sebanyak 12 ekor, dan Dusun  Mongkrong sebanyak 8 ekor dan di daerah Pakis Magelang sebanyak 10 ekor. (DR/edt KS)

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top