• 0000.jpg
  • 11.jpg
  • 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

foto tasik 1

Tasikmalaya, Humas. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Biologi LIPI, telah mengembangkan Tecno Park (TP) di beberapa daerah, salah satunya di Tasikmalaya.Sesuai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

"Pembangunan TP adalah wujud upaya LIPI untuk melaksanakan amanah Presiden Jokowi agar potensi daerah dapat menjadi basis perekonomian masyarakat", ujar Mego Pinandito, selaku Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI pada acara serah terima kegiatan TP pada Kamis (14/11) di Tasikmalaya.

Dirinya menjelaskan bahwa TP dibangun untuk mendukung program hilirisasi dan perluasan hasil-hasil penelitian LIPI, sehingga dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.

Asisten Daerah  Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Tasikmalaya, Heri Bimantoro  Ruslan menyampaikan penghargaan atas upaya LIPI yang telah membangun TP Tasikmalaya sejak tahun 2015. "TP yang dibangun pada lahan seluas 3,5 hektar diharapkan dapat mewadahi berbagai kegiatan pembangunan di sektor pertanian. Termasuk untuk memperkuat dan mendukung peran pemda dalam mengembangkan potensi daerah”, tambah Heri. Meskipun TP telah diserahkan ke pemda, bimbingan dan komunikasi LIPI senantiasa diharapkan oleh pemerintah daerah Tasikmalaya.

Atit Kanti selaku Kepala Pusat Penelitian Biologi menjelaskan bahwa pembangunan TP selain sebagai tempat transfer iptek, TP dapat menjadi tempat pelatihan dan kawasan percontohan produk unggul berbasis bioresources daerah, sehingga daerah lain bisa meniru konsep tersebut untuk meningkatkan perekonomian daerah yang berbasis iptek.

Pada akhir tahun 2019,  pemerintah daerah Tasikmalaya masih terus melakukan penyempurnaan  pembangunan TP. Diharapkan  TP dapat menjadi miniatur  produk unggulan Tasikmalaya. Kondisi ini merupakan anugrah sekaligus tantangan bagi pemerintah daerah ungkap Heri Sogiri Kepala Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

Terdapat lima kegiatan yang telah mampu dilakukan  dari delapan kegiatan yang ditargetnya di awal pembangunan TP Tasikmalaya. Diantaranya pengembangan sayuran organik; pengembangan budidaya jamur pangan;  pengolahan pupuk organik hayati; pengembangan produk olahan susu; dan pengembangan pembibitan jati dan percontohan agroforestry. Saat ini percontohan agroforestry  di Tasikmalaya telah mencapai 13 hektar yang ditanami jati, durian, dan alpukat.

Untuk memantapkan program dan kegiatan TP, Pusat Penelitian Biologi juga menyelenggarakan pelatihan, diantaranya pelatihan pembuatan pupuk organik hayati, budidaya jamur, budidaya jati platinum dan budidaya lebah madu dengan mengundang para petani dan masyarakat sekitar (sa/ed.ks)

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top