• 0000.jpg
  • 11.jpg
  • 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

WhatsApp Image 2019 11 07 at 13.59.40

Boyolali, Humas LIPI. Diseminasi alih teknologi merupakan program LIPI dalam mensosialisasikan hasil-hasil penelitian terhadap masyarakat daerah. Pada Selasa (5/11) Pusat Penelitian Biologi berkesempatan mendiseminasikan produk riset, diantaranya Pupuk Organik Hayati (POH) dan Tanaman Jati Platinum di Banyuwangi. “Kerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi dilakukan LIPI untuk mendukung program revitalisasi dan rehabilitasi lahan pertanian”, ujar Iwan Saskiawan selaku Kepala Bidang Mikrobiologi Pusat Penelitian Biologi.

“Kami sangat membutuhkan dukungan LIPI untuk mendukung perkembangan teknologi pertanian di Kabupaten Banyuwangi”, ucap Suyanto Waspo Tando selaku Asisten II Bidang Administrasi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Banyuwangi. Dirinya mengungkapkan bahwa terdapat tiga (3) program unggulan Kabupaten Banyuwangi, yaitu pariwisata, pertanian dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Terkait dengan program unggulan tersebut, khusus di bidang pertanian dirinya berharap LIPI dapat mengaplikasikan hasil-hasil risetnya, sehingga Banyuwangi hijau dapat termanifestasikan.  

Sarjiya Antonius, Peneliti bidang Mikrobiologi mengemukakan aplikasi POH sangat penting di bidang pertanian, karena resistensi tanah akibat pertanian konvensional menimbulkan banyaknya penggunaan unsur kimia. Selain itu digalakkannya program hidup sehat dari makanan alami/organik  semakin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk semakin selektif memilih makanan. “Selain memulihkan kesuburan lahan, diharapkan POH menjadi biosecurity dalam bidang agronomi, sehingga hasil pertanian menjadi meningkat dan bebas bahan kimia,” imbuh Antonius.

Di sisi lain, jati platinum dapat menjadi pilihan komoditi yang patut dilirik untuk meningkatkan perekonomian daerah. "Jati Platinum memiliki nilai ekonomis dan biaya pemeliharaan yang relatif singkat dibanding jenis jati pada umumnya. Jati platinum  bisa mencapai diameter 30 cm hanya dalam waktu lima tahun, sehingga bisa dipanen sebagai veneer untuk bahan bangunan.", tambah Apriliana Dyah, Peneliti bidang  Botani pada Pusat Penelitian Biologi.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan pula penandatangan naskah kerja sama antara Pusat Penelitian Biologi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi. Pasca seremoni penandatangan, acara dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan POH dan Tanaman Jati Platinum.(ca/ed sa).

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top