• 0000.jpg
  • 11.jpg
  • 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

WhatsApp Image 2019 08 30 at 16.57.01

Cibinong, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai lembaga riset, memiliki tugas dan kewajiban, untuk melakukan penelitian dan pengembangan, keanekaragaman hayati demi kemajuan bangsa Indonesia, untuk itu LIPI pada kesempatan ini akan memberikan informasi terkait ekspedisi di Papua tentang keanekaragaman Hayati, dimana ini menunjukkan kekayaan hayati Indonesia yang harus kita pelihara melalui persatuan dan kesatuan bangsa, inilah tugas dan tantangan bagi generasi penerus bangsa dalam mempertahankan dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sebagaimana disampaikan Kamera Sembiring selaku Manager Humas, Cibinong pada sambutan dalam acara ‘Komunikasi Sosial’, jumat 30/8 di Aula Kodim 0621/Kabupaten Bogor,

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman hayati. Kekayaan tersebut telah menarik banyak bangsa-bangsa asing untuk datang dan memanfaatkan sumber daya tersebut, sehingga dalam kurun waktu lebih dari 350 tahun bangsa Indonesia berada dalam periode pendudukan bangsa asing. Tidak hanya pada masa pendudukan asing, sampai saat ini juga Indonesia tetap menjadi negara tujuan bagi peneliti-peneliti asing untuk melakukan penelitian-penelitian keanekagaraman hayati, baik dari penelitian dasar seperti inventarisasi jenis-jenis tumbuhan, satwa dan mikroba; penemuan jenis baru; sampai kepada potensi pemanfaatan, disampaikan M. Irham, peneliti bidang Ornitologi Pusat Penelitian Biologi LIPI, saat memberikan paparan dalam kegiatan Komunikasi Sosial.

Lanjut Irham “dalam konteks kebangsaan dalam bingkai NKRI, sumber daya alam hayati atau keanekaragaman hayati Indonesia memiliki posisi strategis sebagai modal dasar kemajuan bangsa,” lanjut Irham. Keanekaragaman hayati Indonesia harus dilestarikan dan dimanfaatkan dengan bijaksana. Keanekaragaman hayati sangat berkaitan dengan budaya bangsa oleh karena itu kehilangan keanekaragaman hayati dapat memacu kehilangan budaya. Keanekaragaman hayati Indonesia dapat juga mencerminkan bhineka tunggal ika dan menjadi unsur pemersatu bangsa Indonesia”.

Irham mengungkapkan, penelitian keanekaragaman hayati Indonesia saat ini masih membutuhkan kerja sama dengan peneliti asing karena mereka memiliki teknologi yang lebih maju. “Dalam hal tersebut, peneliti Indonesia, harus bisa menjadi mitra kerja yang setara sehingga kerja sama tersebut memberikan keuntungan bagi Indonesia,” jelas Irham.

Komandan Kodim 0621 Kabupaten Bogor, Letkol,Inf,Harry Eko Sutrisno, menyampaikan, negara Indonesia yang terdiri dari 13 ribu pulau dan beranekaragam suku, ras dan agama tentunya memiliki banyak perbedaan yang menyertainya. “Namun demikian, justru perbedaan itu yang menjadi kekayaan bangsa ini. Tak hanya menjadi kekayaan, hal ini juga sekaligus tantangan berbentuk disintegrasi,” terang Eko. Di sinilah dibutuhkan persatuan dan kesatuan untuk mencegah disintegrasi, sehingga Indonesia terhindar dari perpecahan seperti dialami negara-negara lain. Untuk merajut ketahanan ini, generasi muda bertanggungjawab dalam mempertahankan NKRI. “Saling menghormati perbedaan dan menyatukan sikap serta pandangan akan NKRI adalah langkah nyata yang dibutuhkan,” saran Eko.

Sebagai informasi acara kegiatan sosial ini dihadiri oleh Komandan Kodim 0621, Kepala Bimas Polres Bogor, perwakilan dari Mahasiswa Institut Pertanian Bogor, Mahasiswa Universitas Djuanda,Pengasuh Pondok Pesantren Daarusl Rosul, Pelajar Madrasah Aliyah Negeri Cibinong, SMAN 1Cibinong, SMAN 3 Cibinong dan SMK PGRI Plus Cibinong. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka merajut untuk menjaga NKRI dalam memberikan wawasan kepada mahasiswa dan pelajar di Kabupaten Bogor (KS).

 

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top