• 0000.jpg
  • 11.jpg
  • 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

WhatsApp Image 2019 08 02 at 14.21.28Cibinong, Humas  LIPI. Jumat (2/8)  Pusat Penelitian Biologi (Puslit Biologi) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menerima kunjungan dari Univirsiti Malaysia Sabah (UMS). Kunjungan secara langsung diterima oleh  Joeni Setijo Rahajoe, selaku Plt Kepala Puslit Biologi beserta jajarannya Pusat Penelitian Biologi LIPI, Cibinong.

“Kunjungan ini merupakan yang perdana dari Institute for Tropical Biology and Conservation (ITBC) UMS dengan tim lengkap yang kami terima,” ujar Joeni saat membuka acara kunjungan. “Kami sangat terbuka dengan penjajakan kerja sama yang nantinya akan diinisiasi dari pertemuan ini”, tambahnya. Banyak sekali potensi kerjasama  yang dapat di eksplore di Puslit Biologi, baik dari bidang Zoologi, Botani, maupun Mikrobiologi.

Selama ini UMS sudah sering berinteraksi dengan para peneliti LIPI dalam melakukan penelitian. “Namun agenda kami kali ini untuk memperkuat stakeholder  engagement  and collaboration, khususnya terkait riset jamur dan durian” ujar Monica Suleiman selaku Director ITBC UMS . Dirinya menjelaskan poin penting dari kunjungan ini adalah untuk menghasilkan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat, sehingga tidak semata-mata menciptakan ilmu saja.  IBTP memilki rencana strategis dalam tiga tahun dan memiliki rencana penelitian yang terbagi dalam Sembilan kluster penelitian, salah satunya biodiversiti. Kebutuhan utama salah satu kluster adalah riset tentang jamurdan durian, ungkapnya.

Saat ini salah satu program riset unggulan UMS  adalah riset jamur secara menyeluruh, mulai dari identifikasi manfaat jamur, pembudidayaan jamur, hingga pengelolaan jamur  yang bernilaiekonomis (entrepreneurship). Riset tentang lumut pun menjadi salah satu perhatian mereka, khususnya terkait ketersediaan data.  Sehingga UMS sangat berharap dapat berkerjasama dengn LIPI terkait rise tjamur tersebut, selain peluang kerjasama di  bidang yang lain.

Joeni melanjutkan potensi kerja sama dengan Biologi sangat besar. Puslit Biologi memilki  310 peneliti yang terbagi di dalam tiga bidang, yaitu Botani sebanyak 109 peneliti, Mikrobiologi  ada 50 peneliti dan Zoologi sebanyak 70 peneliti.  ITBC dipersilahkan mengidentifikasikan peluang yang sesuai untuk ditindaklanjuti dalam wujud kerja sama penelitian.  Koleksi specimen dari hasil penelitian pun lengkap tersimpan ruang koleksi dan mempersilahkan tim ITBC UMS untuk melihat koleksi tersebut.

Ruliyana Susanti selaku koordinator kerja sama dan informasi Puslit Biologi menambahkan bahwa LIPI telah melakukan riset jamur dan memiliki peneliti jamur yang mumpuni untuk melakukan berkolaborasi. Selain itu LIPI juga memiliki tempat pembudidayaan jamur.  Selain mengunjungi Puslit Biologi ITBC UMS juga akan melakukan kunjungan ke Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (MUNASAIN) di Bogor (SA/ed KS/foto SOB).

Kontributor: Humas Kawasan Cibinong

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top