• 0000.jpg
  • 11.jpg
  • 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

Bogor, Humas Kawasan LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) meluncurkan ruang pameran tematik baru bertema “Manusia dan Lingkungan”. Ruang pameran ini merupakan bagian dari Musem Nasional Sejarah Alam Indonesia (MUNASIN). MUNASIN merupakan pengembangan dari Museum Etnobotani Indonesia (MEI) yang diresmikan 18 Mei 1982. Seiring perkembangan waktu museum ini terus diperluas dan direvitalisasi untuk memenuhi kebutuhan.

“MUNASAIN mengenalkan sejarah perkembagan alam, budaya, dan keanekaragaman hayati Indonesia yang menjadi identitas bangsa Indonesia kepada masyarakat umum khususnya generasi muda,” ujar Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko, saat peluncuran ruang pameran tematik pada Senin (29/7) di Bogor. Menurut Handoko, keberadaan MUNASAIN amatlah penting sebagai media penyadartahuan tentang alam Indonesia untuk memberikan pendidikan berkelanjutan kepada pengunjung yang tervisualiasaikan dalam ruang pamer. “Proses aktivitas riset harus kita eksplorasi dan publikasikan supaya dapat memberikan manfaat besar-besaran bagi masyarakat,” ujarnya.

Ruang pamer baru tersebut menampilkan beberapa tipe pemanfaatan lahan antara lain untuk sawah, ladang, pekarangan, kebun dan perkebunan. “Ruang pameran ditujukan untuk menyajikan sejarah perkembangan evolusi manusia. Media ini diharapkan dapat menjadi sumber pengetahuan baru bagi masyarakat tentang perkembangan manusia dari dulu hingga sekarang,” terang Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Enny Sudarmonowati.

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI, Joeni Setijo Rahajoe menjelaskan, ruang pamer Manusia dan Lingkungan merupakan kelanjutan alur pameran MUNASAIN. “Di ruang pamer Manusia dan Lingkungan,  pengunjung dapat menikmati pameran tentang perkembangan kehidupan manusia dan interaksinya dengan lingkungan dan sumber daya alam baik dalam bentuk diorama, vitrin koleksi, panel informasi, dan sarana multimedia,” terang Joeni.

Pameran ini merupakan kelanjutan alur pameran MUNASIN yang telah sebelumnya diluncurkan pada tahun 2018 lalu. Pameran “ Manusia dan Lingkungan” menyajikan display dan informasi  tentang pemanfaatan sumber daya alam khususnya hayati oleh manusia dan interaksi manusia dan lingkunganannya dikaitkan dengan perkembangan peradaban manusia dari masa ke masa. Hingga saat ini MUNASAIN berada di bawah pengelolaan Bidang Botani pada Pusat Penelitian Biologi (WIN/ed.SA)

Kontributor : Tim Humas Kawasan Cibinong

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top