• 0000.jpg
  • 11.jpg
  • 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

Tahun 2019 merupakan tahun terakhir dari rencana pembangunan jangka menengah sebagai upaya pemerataan pembangunan untuk pertumbuhan berkualitas. “LIPI sebagai salah satu lembaga riset wajib mendukung program prioritas pemerintah tersebut melalui kegiatan diseminasi hasil-hasil penelitian. Kegiatan ini memberikan nilai tambah bagi masyarakat” ujar Enny Sudarmonowati, selaku Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati saat membuka kegiatan diseminasi di Kabupaten Belitung pada Kamis (4/7) lalu.

Bupati Belitung, Sahani Saleh menyambut baik upaya LIPI tersebut. Dirinya berharap inovasi dan temuan LIPI dapat dimanfaatkan masyarakat Belitung. “Saya berharap pertemuan dan kerja sama ini dapat merealisasikan hal-hal penting untuk memperkuat potensi daerah kami,” ujarnya. Melalui teknologi yang diperkenalkan LIPI, ia meyakini upaya pemerintah untuk meningkatkan pengembangan daerah pariwisata dan ketahanan pangan di Belitung dapat terwujud.

Enny menjelaskan diseminasi bertujuan untuk meningkatkan dan memperkuat peran lembaga dalam penyadartahuan masyarakat, penyediaan informasi dan dokumentasi keanekaragaman hayati khususnya dalam mendukung pertanian dan perikanan di Kabupaten Belitung. Hilirisasi hasil penelitian Pusat Penelitian Biologi LIPI dalam bentuk teknologi pembuatan pupuk organik hayati (POH) dapat dimanfaatkan untuk mendukung pengembangan pertanian yang berkelanjutan dan kemandirian pangan. Sedangkan teknologi pembuatan pakan ikan terfermentasi untuk mendukung kemandirian pengadaan pakan ikan bagi usaha perikanan di Kabupaten Belitung.

Pelatihan dan diseminasi Iptek yang diselenggarakan Pusat Penelitian Biologi diikuti 125 orang peserta dari berbagai kelompok tani di Belitung. Pada pelatihan pembuatan pakan ikan peserta mendapatkan pengetahuan tentang proses pembuatan pakan dengan penambahan mikroba. Proses fermentasi dengan bantuan mikroba berfungsi untuk memecah nutrisi dari sumber pakan menjadi komponen yang lebih sederhana sehingga lebih mudah diserap oleh usus sehingga ikan dapat tumbuh lebih cepat. Proses fermentasi ini juga dapat mengurangi kandungan mikroba patogen penyebab penyakit sehingga dapat mengurangi penggunaan antibiotik pada ikan.

Untuk pemanfaatan POH diharapkan dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia, meningkatkan produktivitas tanaman dan kesuburan tanah serta menciptakan kemandirian daerah untuk mewujudkan ketahanan pangan. Kemandirian petani dalam pembuatan dan aplikasi POH cair dan padat berbasis mikroba setempat dan introduksi menjadi pilihan tepat (SOB/ed:SA).

Kontributor : Humas LIPI – Kawasan Cibinong

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top