• 0000.jpg
  • 11.jpg
  • 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

 

LIHAT FOTO GALERI   |   Foto - M Aried

Cibinong, 8 Desember 2018 - Oposum layang (Petaurus breviceps) adalah salah satu jenis mamalia asli Indonesia yang penyebarannya meliputi Papua dan Halmahera Utara. Satwa berkantung (marsupial) ini mudah beradaptasi di luar lingkungan habitatnya (penangkaran). 

Dapat dipelihara di kandang sederhana berdinding jeruji kawat yang dilengkapi ayunan berbahan kain (sebagai tempat tidur), tempat pakan dan tempat minum, serta roda berputar sebagai sarana bermain. Oposum layang mudah dijinakkan dan mudah dalam pemberian pakan. Satwa ini mengkonsumsi berbagai jenis pakan buah-buahan, bubur formula, madu, telur, dan serangga. Satwa liar ini juga mudah berkembangbiak, masa buntingnya hanya sekitar 14 hari dengan jumlah anak 1 – 2 ekor per kelahiran. Saat ini oposum layang dikenal sebagai hewan kesayaangan (pet animals) dan bernilai jual bahkan dalam jumlah ribuan sering di ekspor keluar negeri. Hal ini berdampak terus berlangsungnya perburuan oposum layang langsung dari alam untuk tujuan perdagangan, sehingga populasinya di alam terancam menurun.  Pemeliharaan hewan di penangkaran merupakan salah satu sistem pelestarian secara ex situ, dalam hal ini perlu diupayakan habitat yang mendekati habitat aslinya

Pelatihan pengelolaan oposum layang merupakan kegiatan diseminasi dari KSK Biovillage, DIPA 2018 Pusat Penelitian Biologi – LIPI untuk membagikan pengetahuan tentang teknik pemeliharaan dan teknik pengembangbiakan oposum layang di tingkat penangkaran. Melalui budidaya oposum layang, akan membuka peluang usaha bagi masyarakat yang selama ini telah memanfaatkannya sekaligus menjaga kelestarian/konservasi plasma nutfah Indonesia, yaitu tidak dengan cara menangkap oposum langsung dari alam, melainkan hasil budidaya di penangkaran. 

Pelatihan berlangsung selama satu hari, 8 Desember 2018 dan Peserta Pelatihan terdiri dari mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, serta karyawan swasta di Jawa Barat. Sebelum dimulai dan sesudah pelatihan berlangsung, dilakukan pre- dan post test guna mengetahui seberapa pengetahuan peserta tentang oposum layang 

Penulis - W. Rosa Farida

Pengunggah - Pramono

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top