• 0000.jpg
  • 11.jpg
  • 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

 

Pusat Penelitian Biologi LIPI kembali melahirkan putra terbaik dan telah dikukuhkan sebagai Profesor Riset Bidang Kimia Bahan Alam. Beliau adalah Dr. Andria Agusta Peneliti Botani, merupakan anak ke-empat dari empat bersaudara dari pasangan Bapak Arifadillah Panduko Inaro (Alm.) dan Ibu Dahniar (Alm.). Menikah dengan Dra. Admarita dan dikaruniai dua orang anak, yaitu Adnan Luthfi Agusta dan Dhea Demitri Agusta.

 

 

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengukuhkan tiga orang ilmuwan menjadi Profesor Riset, yaitu; Dr. Ir. Eko Tri Sumarnadi Agustinus, M.T. Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI, Dr. Andria Agusta Pusat Penelitian Biologi LIPI, dan Dr. Firman Noor, S.IP.,M.A. Pusat Penelitian politik LIPI. Pengukuhan Tiga Profesor Riset LIPI, berlangsung pada Rabu, 12 Desember 2018 di ruang auditorium utama, Gedung Widya Graha – LIPI, Jakarta. Dikukuhkan oleh Prof. Dr. Bambang Subiyanto bertindak sebagai Ketua Majelis Pengukuhan Profesor Riset.

 

 

     

 

 

Sebagai informasi urutan pengukuhan Profesor Riset sebagai berikut yang ke 125 (Eko Tri Sumarnadi Agustinus), 126 (Andria Agusta) dan 127 (Firman Noor) di lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, dan berada pada urutan ke 507, 508 dan 509 Prosefor Riset di seluruh Indonesia.

 

Dr. Andria Agusta, adalah Profesor Riset termuda di Pusat Penelitian Biologi LIPI dan merupakan profesor riset yang ke-126 dari 1624 Peneliti  di Lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan berada pada urutan  ke  508 Profesor Riset di seluruh Indonesia.

 

Dr. Andria Agusta, Peneliti Botani Pusat Penelitian Biologi LIPI memaparkan orasi ilmiah bidang kimia bahan alam  dengan judul:Pengembangan Senyawa Kimia (+)-2,2’-Episitoskirin A dari Jamur Endofit untuk Mendukung Kemandirian Antibiotika di Indonesia”, mengungkapkan pentingnya pengembangan jamur endofit untuk mendukung kemandirian antibiotika di Indonesia. “Dengan kondisi alam yang ideal untuk tempat tumbuh dan berkembangnya mikroba, sampai saat ini belum satupun antibiotika yang secara resmi dihasilkan oleh mikroba yang berasal dari Indonesia. Bahkan sampai saat ini, Indonesia masih dihadapkan ketergantungan yang nyaris secara total terhadap bahan baku obat impor, jelas Andria.

 

Menurut Andria, peneliti perlu melihat bahwa rakyat Indonesia membutuhkan bahan baku obat yang berasal dari sumber daya hayati Indonesia untuk menciptakan kemandirian. “Pemerintah juga perlu memprioritaskan penelitian-penelitian dan alokasi dana penelitian untuk menemukan obat antiinfeksi. Tidak hanya antiinfeksi oleh bakteri patogen, akan tetapi juga antiinfeksi yang disebabkan oleh organisme lainnya seperti malaria, tuberculosis ataupun infeksi yang disebabkan oleh virus.”

 

Selama karir beliau di Puslit Biologi LIPI telah menghasilkan 94 karya tulis ilmiah, baik yang ditulis sendiri maupun berkolaborasi dengan penulis lain dalam bentuk buku, jurnal, prosiding, makalah yang diterbitkan, dan 17 di antaranya dalam Bahasa Inggris serta tiga paten dan hak cipta.

 

Beberapa penghargaan yang beliau peroleh adalah Anugrah Inventor Award (2017), Anugrah 15 Penelitian Terbaik Program Insentif Peneliti dan Perekayasa (2009), Anugrah Penelitian Terbaik ke-tiga (2010) dari LIPI serta Satyalancana Karya Satya X Tahun (2006) dan XX Tahun (2014) dari Presiden Republik Indonesia.

 

 

Sementara itu, Dr. Ir. Eko Tri Sumarnadi Agustinus, M.T. menyampaikan orasi ilmiahbidang pemrosesan mineral,  yang berjudul  “Rekayasa Benefisiasi Mineral Bukan Logam dan Batuan Mariginal Untuk Meningkatkan Nilai Tambah”. Sedangkan Dr. Firman Noor, S.IP.,M.A. menyampaikan Orasi ilmiah Bidang Politik dan Pemerintahan Indonesia, “ Partai Politik Sebagai Problem Demokrasi di Indonesia: Kajian Penyebab dan Solusinya.

 

Sivitas Pusat Penelitian Biologi LIPI, mengucapkan Selamat atas Pengukuhan Profesor Riset kepada Prof. Dr. Andria Agusta, Prof. Dr. Ir. Eko Tri Sumarnadi Agustinus, M.T. dan Prof. Dr. Firman Noor, S.IP.,M.A.. Semoga dengan pengukuhan ini mampu meningkatkan peran bagi kepentingan masyarakat dan fungsi kehidupan bangsa dan negara, serta diharapkan mampu memotivasi dan membina para peneliti muda dalam peningkatan dari segi kualitas peneliti. Dengan bertambahnya jumlah profesor riset mudah-mudahan dapat memacu jumlah penelitian di Tanah air.

 

 

Sumber: (SH & SW).

 

diunggah oleh: yos

 

 

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top