• 0000.jpg
  • 11.jpg
  • 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

 Para narasumber sosialisasi

Pusat Penelitian Biologi LIPI mengadakan  Sosialisasi Draft Kuota Tangkap Tumbuhan dan Satwa Liar (TSL) Periode Tahun 2019, pada Rabu 21 November 2018. Sosialisasi bertempat di Gedung Diseminasi IPTEK Pusat Penelitian Biologi LIPI  mengundang Kementerian LHK, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan, Balai Besar Karantina Pertanian Bandara Soekarno Hatta dan Halim Perdanakusuma, Jakarta, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Laut, Ditjen Pengelolaan Ruang laut,  asosiasi, LSM, perhimpunan, peneliti dan ahli.

Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI Dr. Witjaksono, M. Sc, dalam sambutannya menjelaskan bahwa kewenangan LIPI sebagai otoritas keilmuan antara lain memberikan rekomendasi terkait konservasi dan pengelolaan TSL, turut melakukan monitoring izin perdagangan dan realisasi perdagangan, memberikan pertimbangan terkait jenis-jenis yang dilindungi, melakukan inventarisasi dan atau monitoring populasi TSL.

Rekomendasi pengelolaan TSL diwujudkan dalam bentuk rekomendasi pembatasan penangkapan/pengambilan dari alam berupa kuota tahunan. Adapun tujuan penetapan kuota yakni sebagai instrument untuk mengatur dan memantau perdagangan jenis-jenis TSL dan untuk memastikan bahwa perdagangan TSL tidak membahayakan kelangsungan hidup populasi jenis-jenis tersebut di alam.

Kepala Pusat Penelitian Biologi menambahkan bahwa dalam upaya penetapan kuota, informasi yang digunakan sebagai pertimbangan diantaranya data populasi jenis, sehingga perlu memiliki data yang akurat dan konsisten dengan aturan yang ada supaya tidak menimbulkan kasus yang bersumber dari ketidak akuratan data, misalnya kasus koral dan burung yang terjadi beberapa waktu yang lalu.  Karena itu peneliti boleh salah namun tidak boleh bohong dan jangan merusak peneliti dan lembaga penelitian.

Setelah pembukaan dilanjutkan dengan pemaparan mengenai draft rekomendasi kuota penangkapan jenis satwa dan pengambilan jenis tumbuhan (TSL) Cites periode 2019 oleh Kepala Bidang Botani Dr. Joeni Setijo Rahajoe, Kepala Bidang Zoologi Dr. Hari Sutrisno dan Prof. Suharsono pahli terumbu karang dari Pusat Penelitian Oseanografi LIPI. Setelah itu dilanjutkan dengan diskusi yang dipimpin oleh Dr. Tauifiq Purna Nugraha

Peserta undangan sosialisasi

Penulis - Esti (Humas Pusat Penelitian Biologi LIPI)

Pengunggah - Pramono

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top