• 000.jpg
  • 11.jpg
  • 21.jpeg
  • 31.jpg
  • 41.jpg
  • 51.jpg
  • 61.jpg
  • 71.jpg
  • 81.jpg
  • 91.jpg
  • 111.jpeg
  • 912.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

Sesuai arahan presiden Joko Widodo dalam pembukaan acara ISE, penguasaan iptek di era revolusi industri 4.0 saat ini sangat dibutuhkan untuk menciptakan inovasi-inovasi baru.

Teknologi telah mengubah cara hidup bangsa di dunia dalam berbagai lini kehidupan. Hal ini menunjukkan, tidak ada yang paling relevan untuk menghadapi berbagai tantangan kehidupan, kecuali lembaga penelitian, demikian Kepala LIPI , Dr. Laksana Tri Handoko dalam sambutannya pada acara “Diskusi Kolaborasi Iptek Untuk Peningkatan Daya Saing dalam Era Industri 4.0” di ICE BSD, Serpong, pada (03/11).

Lebih lanjut Handoko sampaikan bahwa hasil-hasil litbang diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan juga untuk perbaikan berbagai sektor dalam proses pembangunan dan lebih menekankan selain aspek fisik yang menjadi tolok ukur dalam suatu pembangunan, aspek lain yang perlu digarisbawahi yaitu adanya peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang tentunya harus “dibangun” agar terciptanya pembangun di tengah persaingan global yang saat ini sudah kita rasakannan yang berkelanjut.

Salah satu peran Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) adalah untuk memobilisasikan produk IPTEK melalui satuan kerja yang bertugas dalam diseminasi bagi pembangunan dan penerapan hasil litbang untuk pemberdayaan masyarakat. Proses diseminasi atau sosialisasi menjadi langkah yang krusial dalam meyakinkan masyarakat akan pentingnya ilmu pengetahuan dan Teknologi dalam meningkatkan kehidupannya.

Kerja sama penelitian, pengembangan dan pemanfaatan iptek serta diseminasi iptek kepada masyarakat merupakan salah satu kewajiban lembaga litbang sebagai penyedia teknologi (teknologi Provider) dalam upaya pemsyarakatan IPTEK untuk mendorong penerapan hasil litbang secara lebih luas, jelas Handoko. Sebagai bentuk akuntabilitas dan transparansi, saat ini LIPI juga secara khusus membuka akses sebagian infrastruktur riset, memberikan bimbingan teknis, membantu program peningkatan kapasitas SDM, dan penggunaan fasilitas yang dapat digunakan oleh masyarakat umum sebagai kontribusi nyata LIPI kepada masyarakat, ungkap Handoko.Selanjutnya rangkaian acara ini dilanjutkan dengan penandatangan Nota Kesepahaman dan PKS LIPI dengan Mitra.


Disela acara “Diskusi Kolaborasi Iptek Untuk Peningkatan Daya Saing dalam Era Industri 4.0”, Prof. Dr. Enny Sudarmonowati, Deputi Bidang IPH LIPI, sekaligus penggegas buku ini,  berkesempatan melaunching buku yang berjudul “Mengungkap Potensi Daerah dan Peningkatan Nilai Tambah Dengan IPTEK”.

Lebih lanjut Prof. Enny mengatakan bahwa Indonesia sudah dikenal karena kekayaan alam dan keragaman hayatinya, namun demikian sebagian besar belum dimanfaatkan secara maksimal oleh pemerintah daerah dan masyarakatnya. Hal ini kemungkinan disebabkan karena pemerintah daerah belum mengetahui potensinya atau belum dapat meningkatkan nilai tambah kekayaan hayatinya, ungkapnya.  

“LIPI selain mengembangkan iptek melalui kegiatan penelitian, juga menerapkan langsung hasil penelitiannya kepada masyarakat. Melalui kegiatan diseminasi iptek inilah LIPI berharap teknologi yang banyak dihasilkannya dapat bermanfaat bagi masyarakat, jelasnya.

Selama periode Januari – Desember 2017, Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati melalui Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya LIPI melaksanakan diseminasi ilmu pengetahuan dan teknologi LIPI di daerah melibatkan berbagai satuan kerja di LIPI bekerja sama dengan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat RI.

Buku ini dibuat sebagai bahan referensi potensi daerah tertentu (21 provinsi, 50 kabupaten/kota, 69 desa/kelurahan, 69 kecamatan) yang dapat dikembangkan dengan teknologi sederhana yang dimiliki LIPI untuk pengembangan ekonomi daerah dan sebagai panduan bagi stakeholders khususnya pemerintah daerah dalam rangka mengakselerasi setiap kebijakan yang diambil berdasarkan potensi daerahnya dan hasil penelitian. Diharapkan buku ini dapat menjadi panduan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat berdasarkan potensi daerah yang dimilikinya, ungkapnya.

Serangkaian acara selanjutnya temu diskusi yang bertujuan untuk bertukar pikiran antar lembaga litbang, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan serta kolaborasi Iptek diharapkan memperoleh solusi, kesamaan visi misi dan kerja sama multipihak, untuk mewujudkan percepatan pembangunan daerah. Acara ini dihadiri oleh pemerintah daerah, kalangan akademisi, stake holder, lembaga litbang, media dan tamu undangan lainnya. Adapun acara ini merupakan serangkaian kegiatan Indonesia Science Expo (ISE) yang digelar oleh LIPI 1-4 Nopember 2018.

 

Sumber - LIPI

Foto: @Trisno KR.Cibodas LIPI

Diunggah - Pramono

 

 

 

 

Info Kegiatan

QR code

qr code

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top