• 000.jpg
  • 11.jpg
  • 21.jpeg
  • 31.jpg
  • 41.jpg
  • 51.jpg
  • 61.jpg
  • 71.jpg
  • 81.jpg
  • 91.jpg
  • 111.jpeg
  • 912.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

LIHAT FOTO GALERI   |   Foto - Pramono

Cibinong Sciece Center 31/10/18 - Pertemuan dengan Tim dari Bappeda Pemerintah Kabupaten Wonosobo dan SKPD terkait, dihadiri oleh 17 orang peserta pertemuan, dimana 11 orang diantaranya adalah Tim dari Pemkab Wonosobo.

Tim dari Pemkab Wonosobo dalam kesempatan ini disambut secara langsung oleh Kepala Puslit Biologi – LIPI, Dr. Ir. Witjaksono, M.Sc. diteruskan dengan ramah tamah dan perkenalan para hadirin.

Tim dari Pemkab Wonosobo dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa secara umum kondisi alam di Kabupaten Wonosobo dapat dikatakan sebagai suatu cerminan tanah yang “Gemah Ripah loh Jinawi” sehingga ke depan telah muncul gagasan untuk mengembangkan kawasan Agroteknologi Park di Wonosobo untuk menjadi display pengelolaan pertanian unggulan bagi masyarakat Wonosobo. Namun, dibalik kenyamanan pasti ada sedikit ganjalan dan ganjalan itulah yang ingin ditambal bersama dengan para stakeholders, salah satunya Puslit Biologi – LIPI, dalam hal ini terkait pengembangan dan peningkatan mutu pertanian. Sebagai gambaran umum, hampir seluruh produk pertanian dataran tinggi ada dan menjadi produk utama masyarakat petani Wonosobo, sebut saja Kentang, Kubis, Bawang dan Muncang (Muncang adalah sebutan untuk daun bawang dalam bahasa Ngapak), dan tentu saja Carica yang diklaim hanya tumbuh di tiga Negara.

Sesuai dengan paparan yang dipresentasikan oleh Dr.rer.nat. Sarjiya Antonius – Laboratorium Mikrobiologi Pertanian, pengembangan dan peningkatan mutu pertanian merupakan pilar penting penunjang kemakmuran masyarakat dengan sector agraris sebagai salah satu penopang perekonomiannya. Pak Anton, sebagaimana Beliau biasa disapa, menjelaskan bahwa mutu pertanian ini menyangkut pengolahan tanah, pengelolaan hasil, pasca panen dan pemeliharaan serta peningkatan kesuburan tanah yang berkesinambungan. Masyarakat Wonosobo diharapkan mengetahui akan pentingnya hal-hal tersebut. Tim dari Pemkab Wonosobo juga menyampaikan bahwa untuk mendukung program pemanfaatan produk pertanian organik, setiap pegawai pemerintah setempat wajib mengkonsumsi produk-produk organic sehingga dari mereka, masyarakat umum dapat meniru dan menjadikan kegiatan konsumsi produk organik sebagai gaya hidup mereka.

Lebih lanjut, Puslit Biologi-LIPI juga menekankan pentingnya menjaga kesuburan tanah agar produk pertanian dapat terus melimpah. Tentu salah satunya dengan penggunaan pupuk organic, yang mana awalnya mengurangi penggunaan bahan kimia sampai akhirnya tercapai 0 bahan kimia. Dapat dikatakan bahwa sesuatu yang baik semuanya bersumber dari alam sekitar kita.

Selain POH, salah satu hasil penelitian yang dapat membantu meningkatkan produk pasca panen yaitu pengemasan hasil panen, misalnya Carica yang menjadi khas Wonosobo, menjadi produk makanan dan minuman probiotik. Produk probiotik dikembangkan oleh Dr. Novik Nurhidayat dari Laboratorium Mikrobiologi Kesehatan. Beranjak dari presentasi dan diskusi tersebut, Tim diajak langsung melihat fasilitas laboratorium yang ada sehingga diharapkan akan ada gambaran betapa pentingnya penelitian dilakukan dan hasilnya diaplikasikan di masyarakat. Mungkin butuh waktu lama, tetapi tiada hal yang salah jika pada akhirnya banyak bermanfaat bagi manusia.

Tantangan ke depan tentu tidaklah mudah, haling rintang juga telah ada dan siap menyeruak dari balik alam fantasi. Namun, apabila sinergitas diantara pemerintah digalakkan, bukan hal mustahil jika Wonosobo yang ASRI (Aman, Sehat, Rapi, Indah) komoditas pertaniannya akan makin berjaya lagi alami.

Penulis - Himawan Eka Putra (Kerjasama P2 Biologi)

Diunggah - Pramono

Info Kegiatan

QR code

qr code

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top