• 0000.jpg
  • 11.jpg
  • 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

GALERI FOTO   |   Foto - Pramono

Kegiatan Laboratorium Ekologi Tumbuhan

Oleh - Dr. Ir. Edy Nasriadi Sambas, M. Forest.

Laboratorium Ekologi Tumbuhan dengan tanggung jawab dan tugas utama melakukan penelitian dan kegiatan lain yang terkait dengan aspek ekologi, meliputi penelitian lapangan dan penelitian laboratorium.

Penelitian lapangan terdiri atas studi ekologi structural dan fungsional. Penelitian Ekologi Struktural menekankan pada kajian tentang komposisi spesies dan struktur hutan; suksesi dan dinamika hutan; serta status dan keberadaan keanekaragaman hayati. Sementara Penelitian Ekologi Fungsional menekankan pada proses ekologis melalui kajian produktivitas biomasa, dekomposisi dan siklus hara. Adapun Penelitian Laboratorium, terutama melakukan analisis kimia tanah dan serasah. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan akan dipresentasikan, dilanjutkan dengan paparan lebih rinci dari hasil penelitian vegetasi di daerah kars.

Kajian floristic dilakukan pada dua kawasan karst di Gua Seplawan, Purworejo dan Gunung Bajo, Gunung Kidul masing-masing seluas 0,25 Ha ( 50 x 50 m) dan 0,2 Ha ( 200 x 10 m) yang dibagi menjadi anak-anak petak berukuran 10 x 10 m. Pencacahan pohon berdiameter > 4,8 cm (keliling >15 cm) dilakukan pada  anak petak 10 x 10 m2.  Contoh tanah diambil dari kedua lokasi penelitian untuk dianalisis. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pada petak Gua Seplawan seluas 0,25 Ha terdapat  25 jenis ohon (22 marga; 15 suku) dengan kerapatan sebanyak 26 pohon atau 504 pohon/Ha dan Luas Bidang Dasar sebesar 1,75 m2 atau 7 m2/Ha yang didominasi oleh pohon tanaman budidaya.  Sedangkan pada petak Gunung Bajo seluas 0,2 Ha terdapat  34 jenis pohon (33 marga;  17 suku) dengan kerapatan sebanyak 153 pohon atau 612 pohon/Ha dan Luas Bidang Dasar sebesar 2,416 m2 atau 12,08 m2/Ha yang didominasi oleh jenis-jenis pohon alami (bukan tanaman budidaya).  Jenis-jenis yang memiliki Nilai Penting tertinggi di kedua petak masing-masing adalah Falcataria moluccana (Miq.) Barneby&J.W.Grimes, Artocarpus heterophyllus Lam. dan Hibiscus tiliaceus L. (Gua Seplawan) serta Hymeno dictyonorixense (Roxb.) Mabb., Firmiana malayana Kosterms.  dan Microcospani culata L (Gunung Bajo).  Petak Gua Seplawan memiliki pH tanah lebih tinggi dari yang dimiliki Gunung Bajo, sedangkan unsur hara lain bervariasi.

 

Kegiatan Laboratorium Nutrisi dan Penelitian  Biologi Satwa liar

dalam rangka konservasi ex situ dan pemanfaatannya

Oleh - Dr. Wartika Rosa Farida & Syahfitri Anita, M.Si.

Dalam presentasi ini akan dipaparkan tentang kompetensi, fasilitas,  jasa dan kegiatan di Laboratorium Nutrisi.  Penelitian/ kajian Biologi satwa liar di tingkat penangkaran meliputi satwa mamalia, burung, dan kura-kura. Eksploitasi yang berlebihan terhadap satwa liar telah menyebabkan penurunan populasi dan berada pada ambang batas kepunahan. Mandat CoP ke-7 dari CBD (Convention Biological Diversity) mensyaratkan bahwa mulai tahun 2010, 70% flora dan fauna yang diperdagangkan merupakan hasil budidaya di penangkaran .Kegiatan di Penangkaran Satwa liar yaitu melaksanakan kegiatan penelitian yang terkait kebutuhan pakan dan nutrien/zat makanan pada satwaliaruntuk pemeliharaan, pertumbuhan, dan kesehatan, serta azas kesejahteraan hewan (animal welfare), serta pengamatan sehubungan dengan perilaku, sifat-sifat biologitermasuk reproduksi, regenerasi, dan restocking (reintroduksi) untuk pelepasliaran ke alam/habitat. Selain kajian aspek biologi satwa liar, aspek lain yang dikaji adalah tentang pemanfaatan dan nilai bioprospeksinya. Penelitian mengenai pemanfaatan satwa liar yang telah dilakukan antara lain studi mengenai khasiat afrodisiak landak jawa dan kajian nutrisi ikan brek. Kegiatan ini masih akan dikembangkan, bekerjasama dengan laboratorium lainnya guna mengungkapkan komponen nutrisi dan komponen kimia yang dihasilkan oleh satwa liar hingga dapat dipahami fungsinya dan kemudian dapat dimanipulasi untuk pemanfaatan lebih lanjut.

Diunggah - Pramono

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top