• 0000.jpg
  • 11.jpg
  • 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

 

(Sumber foto:@sumutnews.com)

8th Indonesia Climate Change Education Forum and Expo 2018, merupakan upaya dan peran serta masyarakat dalam mengarus utamakan pengendalian perubahan iklim melalui penyebaran informasi dan dialog antar pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha dan masyarakat.

Kegiatan yang berbasis pada adptasi dan mitigasi perubahan iklim. Dimaksudkan untuk membangun sekaligus penyadaran kepada seluruh pemangku kepentingan nasional terhadap isu perubahan iklim dengan dampak nyata yang telah terjadi. Penyelenggaraan kegiatan ini dilakukan melalui jalur edukasi dan penyebarluasan informasi perkembangan perubahan iklim dalam skala global maupun nasional, untuk mendapatkan diaplikasikan dalam program mitigasi dan adaptasi di daerah seluruh Indonesia.

(Sumber foto:@Siwi BKHH-LIPI)

Sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemahaman perubahan iklim,  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  (KLHK)   bekerja sama dengan The Climate Reality Project menggelar 8th Indonesia Climate Change Education Forum and Expo 2018, dengan mengusung  tema ‘Together Towards a Low Carbon Future’, telah berlangsung di Santika Premiere Dyandra  Hotel dan Convention Medan, pada tanggal 17 s/d 19 Oktober 2018. Acara ini dibuka oleh Kepala Badan Litbang dan Inovasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Dr. Agus Justianto.

Acara ini diikuti oleh Kementerian dan Lembaga Pemerintah Pusat dan Daerah, Dunia Usaha Nasional dan Investasi, Organisasi Profesi serta Komunitas, merangkai agenda utama pameran yang menampilkan program terkait mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, dengan rangkaian acara yang dikemas dalam forum diskusi, dialog interaktif, talkshow, disamping komunikasi dan edukasi dalam bentuk pemasangan poster, gelar budaya dan kearifan lokal.

 

Rangkaian selanjutnya menampilkan acara program talkhow terkait mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, menghadirkan dua nara sumber dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yaitu sesi1. Dr. Aan Johan Wahyudi (Peneliti Pusat Penelitian Oseanografi, LIPI), memaparkan judul presentasi “Kontribusi Mangrove dan Padang Lamun Dalam Mitigasi Pemanasan Global” dan pada sesi 2. Prof. Dr. Y. Purwanto (Peneliti Botani, Pusat Penelitian Biologi LIPI, juga sebagai Direktur Program MAB-UNESCO Indonesia, LIPI), memaparkan judul presentasi “Cagar Biosfer dan Perannya Dalam Menanggulangi Perubahan Iklim.” Ke dua nara sumber dipandu oleh Kamera Sembiring, M.Si. (Biro Kerja Sama, Hukum, dan Hubungan Masyarakat (BKHH) LIPI) sebagai moderator.


Sebagai rangkaian kegiatan 8th Indonesia Climate Change Education Forum and Expo 2018, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ikut serta berpartisipasi dalam memamerkan beragam hasil penelitian dalam pameran yang diisi dengan sejumlah materi dan produk LIPI. LIPI pada pameran ini menampilkan hasil penelitian untuk memperkenalkan dan mempromosikan seperti; pupuk organik hayati, dan produk olahan jamur dari Puslit Biologi, padi gogo dari Puslit Bioteknologi, beberapa materi dari Puslit Oseanografi, dan berbagai pangan hasil penelitian dari BPPTK Gunung Kidul serta produk materi dari satuan kerja LIPI lainnya, dan pada setiap materi produk pameran ditampilkan penjelasannya secara singkat dan informasi tentang LIPI berupa brosur, poster, leaflet dan audio visual.

Stand LIPI tidak hanya menampilkan produk mentah sebagai materi pameran, tetapi banyak juga yang sudah memodifikasinya menjadi beragam produk pangan yang baru dan memikat rasa penasaran pengunjung untuk sekedar melihat, bertanya atau bahkan mencicipi seperti aneka ragam olahan jamur. Pengunjung tampaknya memiliki antusias yang cukup baik terhadap kreativitas dan kemajuan teknologi yang mampu mengemas dan menghasilkan produk-produk pangan dari bentuk mentah sampai menjadi olahan siap saji. Sebagai informasi jumlah pengunjung pada stand LIPI yang berlangsung tanggal 17 – 19 Oktober 2018 sebanyak 500 orang.


Diharapkan melalui kegiatan 8th Indonesia Climate Change Education Forum and Expo 2018, masyarakat semakin banyak pengetahuan informasi edukasi terkait perubahan iklim di tanah air dan  memiliki pemahaman yang baik, sehingga setiap individu dapat mengerti permasalahan perubahan iklim.

Ditulis oleh: Sri Handayani & Esti Wisnawati

Sumber: Siaran Pers Climate Change 2018

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top