• 0000.jpg
  • 11.jpg
  • 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

 

Jakarta, Hukum LIPI. Sebagai lembaga penyimpan mikroorganisme, Indonesian Culture Collection LIPI atau disingkat InaCC siap menjadi International Depository Authority.

Hal ini diungkapkan oleh Dr. Atit Kanti, Kepala Bidang Mikrobiologi LIPI, dalam Focus Group Discussion (FGD) Sumber Daya Genetik dan Budapest Treaty, tanggal 18-19 Oktober 2018 di Jakarta.

FGD yang dihadiri 30 peserta yang terdiri dari pemeriksa paten dan wakil dari Kementerian/Lembaga   khususnya yang memilki culture collection ini bertujuan untuk melihat kesiapan Indonesia sebelum aksesi Budapest Treaty, hal ini disampaikan oleh Dra. Dede Mia Yusanti, M.L.S Direktur Paten, DTLS, dan Rahasia Dagang, Kementerian Hukum dan HAM dalam sambutannya pada penyelenggaraan FGD. “Tujuan penyelenggaraan FGD ini adalah melihat kesiapan secara menyeluruh untuk Indonesia melakukan aksesi Budapest Treaty termasuk juga menetapkan lembaga penyimpan sebagai International Depository Authority.” ucap Dede.

Dede menjelaskan dalam Permohonan paten mikroorganisme tidak cukup  dengan pengungkapan deskripsi yang ditulis lengkap, karena tidak mampu menggambarkan mikroorganisme dengan jelas.  Kantor Paten mewajibkan penyimpanan mikroorganisme ke lembaga penyimpanan yang diakui. Lembaga penyimpan tersebut harus mampu menyimpan mikroorganisme dalam kondisi yang sama sesuai jangka waktu perlindungan paten minimal 20 tahun. Penyimpanan mikroorganisme penting agar invensi bioteknologi tersebut dapat diulang kembali/reproducible. Lembaga penyimpan dimaksudkan sebagai International Depository Authority. namun sebelumnya Indonesia harus ikut aksesi Budapest Treaty.

Menjawab hal tersebut, Atit mejelaskan InaCC LIPI sudah memenuhi kualifikasi sebagai lembaga penyimpan. “InaCC sebagai lembaga penyimpan sudah memiliki standar dari World Federation Culture Collection,” tukas Atit yang didaulat sebagai narasumber pada kegiatan FGD tersebut. “InaCC yang dibangun sejak 2014 telah didukung oleh SDM dan sarana prasarana yang memadai yang mampu menyimpan mikroorganiseme hingga 30 tahun. Disamping itu, InaCC telah menyimpan mikroorganisme baik yang jenis baru, untuk standar pengujian industri, maupun untuk permohonan paten.” Tutur Atit.

Meskipun InaCC sudah berstandar internasional, Pemerintah belum menetapkan InaCC sebagai lembaga yang diakui oleh Pemerintah.  “Indonesia belum menetapkan lembaga penyimpanan mikroorganisme yang  dipatenkan,” jelas Dede. “Sesuai dengan UU No. 13 Tahun 2016  tentang Paten, lembaga penyimpanan ini harus diakui oleh pemerintah sesuai dengan persetujuan Budapest (Budapest Treaty), namun pengakuan ini belum kita lakukan” papar Dede melanjutkan.

“Saat ini sedang dilakukan penyiapan draft Peraturan Menteri tentang Permohonan Paten, hal sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor34 tahun 1991 tentang Permohonan Paten yang mewajibkan keberadaan bukti penyimpanan jasad renik,” jelas Dede.

Selain narasumber dari LIPI, FGD ini dihadiri oleh narasumber dari Direktorat Hukum dan Perjanjian Ekonomi, Kementerian Luar Negeri dan Direktorat Jenderal Perancangan Perundang-Undangan – Kemenkuham yang masing-masing menyampaikan Budapest Treaty dari Perspektif Hukum International dan materi terkait Instrumen Hukum Nasional aksesi Budapest Treaty, yang menyampaikan materi Budapest Treaty dari Perspektif Hukum International.

(srw/ed: adh)

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top