• 0000.jpg
  • 11.jpg
  • 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

LIHAT GALERI FOTO    |    Foto - M. Aried

LABORATORIUM EKOLOGI HEWAN: PROGRAM DAN AKTIFITAS ANGGOTANYA

Oleh - Dr. Sih Kahono

(Lab. Ekologi Hewan, Bid. Zoologi, Puslit Biologi-LIPI)

 Ekologi hewan adalah hewan dan lingkungannya. Laboratorium Ekologi Hewan (LEH) melakukan penelitian ekologi hewan (baca: SATWA LIAR) untuk ‘ilmu pengetahuan’ yang bisa mendukung program lembaga dan nasionaltentang ‘pemberdayaan’ ekologi hewan yang berkesinambungan, dan ‘perlindungan’ hewan dan lingkungannya (habitat dan ekosistem).

LEH bias memberi pertimbangan ilmiah kepada lembaga dan stakeholders dalam bidang ekologi hewan, dan member layanan pendidikan kepada masyarakat. LEH didukung oleh staf peneliti 8 orang, yang melakukan penelitian ekologi jenis, ekologi komunitas dan ekologi bertujuan khusus. Dalam penelitiannya, anggota LEH biasanya melakukannya bersama-sama peneliti dari laboratorium/bidang/lembaga lainnya. Pendanaan aktifitas anggotanya terutama dari DIPA dan kerjasama. Taksa yang diteliti antara lain primata dan mamalia lainnya, lebah native, kumbang, belalang, moluska, ikan lokal berpotensi, herpetofauna, dan burung. Topik penelitiannya antara lain bioakustik fauna, ekologijenistermasukdinamikapopulasi, komunitas, hewaninvasif, dan status hewan dan habitatnya. Luaran berupa publikasi, rekomendasi, aktualisasi kepakaran dan pengabdian masyarakat. Topik khusus penelitian yang akan disampaikan, antara lain bioakustik hewan, budidaya ikan lokal, peran penelitian ekologi hewan dalam mendukung peran SA, pollinator dan perlebahan, alien species, belalang outbreak, dan sebagainya.

 

LABORATORIUM GENETIKA DAN PEMULIAAN TUMBUHAN

Oleh - Diyah Martanti, M.Si.

(Lab. Genetika dan Pemuliaan Tumbuhan, Bid. Botani, Puslit Biologi-LIPI)

Ruang lingkup penelitian Laboratorium Genetika dan Pemuliaan Tumbuhan meliputi studi karakterisasi molekuler dan genetika tanaman,  pisang dan perbaikan tanaman pisang melalui  persilangan dan mutasi/ induksi poliploidi, serta identifikasi gen ketahanan terhadap penyakit layu Fusarium.Fokus penelitian adalah pemuliaan pisang triploid tahan penyakit layu Fusarium.Untuk tujuan tersebut dilakukan pemuliaan pisang diploid (2x x 2x) dan tetraploid (3x x 2x)  unggul sebagai tetua persilangan, dan persilangan 4x x 2x, mix x 2x dan resiprokalnya.Laboratorium Genetika dan Pemuliaan Tumbuhan bekerjasama dengan Laboratorium Biak Sel dan Jaringan mengembangkan pisang tetraploid hasil induksi dengan senyawa oryzalin. Pisang tetraploid hasil induksi tersebut digunakan sebagai  tetua persilangan dalam program pemuliaan pisang triploid. Selain itu, dilakukan karakterisasi plasma nutfah pisang Indonesia, identifikasi gen ketahanan terhadap penyakit layu Fusarium, serta pengungkapan potensi plasma nutfah pisang untuk pangan fungsional.Dalam kurun waktu 2010-2018, laboratorium Genetika dan Pemuliaan Tumbuhan melakukan beberapa kegiatan penelitian yang didanai Pusat Penelitian Biologi maupun di luar, seperti kegiatan Kompetitif, DIKTI, RISTEK DIKTI dan kerjasama dengan luar negeri.Laboratorium Genetika dan Pemuliaan Tumbuhan juga memberikan pembimbingan kepada mahasiswa, juga pelayanan jasa terhadap masyarakat baik perorangan maupun lembaga-lembaga penelitian, perguruan tinggi, swasta yang meliputi analisis DNA, analisis ploidi dari berbagai jenis tanaman.

Diunggah - Pramono

 

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top