• 1.jpg
  • 2.jpg
  • 3.jpg
  • 4.jpg
  • 5.jpg
  • 6.jpg
  • 7.jpg
  • 8.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

LIHAT GALERI FOTO   |   VIDEO   |   Foto - Pramono

Pusat Penelitian Biologi LIPI merupakan lembaga yang mempunyai peran penting dalam pengelolaan dan pendayagunaan sumber daya hayati di Indonesia. Selain itu sebagai otoritas ilmiah, Pusat Penelitian Biologi LIPI mempunyai tanggung jawab dan fungsi untuk mencerdaskan masyarakat dalam bidang keanekaragaman hayati dan potensi sumber daya hayati untuk kesejahteraan masyarakat.

Program tahun 2018 memberikan mandat kepada Pusat Penelitian Biologi LIPI untuk mengambil peran dalam mendukung Prioritas Nasional Pengembagan Dunia Usaha dan Pariwisata. UU RI No. 10 tahun 2009 mengamanatkan bahwa keanekaragaman hayati dan kekayaan budaya merupakan modal pembangunan pariwisata untuk peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

Pembangunan pariwisata adalah kegiatan yang bersifat multi disiplin dengan mempertimbangkan aspek keanekaragaman dan keunikan budaya dan alam. Ini menjadi peluang besar Pusat Penelitian Biologi LIPI untuk berperan dalam pengembangan dunia usaha dan pariwisata melalui serangkaian program yang terintegrasi berdasarkan kajian ilmiah tentang keanekaragaman hayati dan ekosistemnya, serta pemanfaatan potensi keanekaragaman hayati dalam mendukung pembangunan pariwisata yang berkelanjutan.

Pada hari Rabu, 5 September 2018 Pusat Penelitian Biologi LIPI mengadakan Pelatihan dan Diseminasi Pupuk Organik Hayati (POH), Pakan Ikan Terfermentasi, dan Budidaya Jamur Pangan untuk para petani di Kawasan Toba Samosir. Pelatihan ini dimaksudkan antara lain untuk meningkatkan dan memperkuat peran lembaga dalam penyadartahuan masyarakat, penyediaan informasi dan dokumentasi keanekaragaman hayati khususnya dalam mendukung dunia usaha dan pariwisata di kawasan Danau Toba Samosir dan sekitarnya. Pelatihan ini berlangsung selam satu hari di Gedung Pertemuan Desa Jangga Dolok, Lumban Julu, Toba Samosir.

Dimulai dari kondisi keprihatinan, dimana desa Jangga Dolok memiliki mata pencarian bertani, pemecah batu yang sulit dan memiliki potensi yang banyak tetapi tidak dapat dikelola. Bertani hanya satu kali dalam setahun dan jerami tidak dimanfaatkan tetapi hanya dibakar. LIPI datang untuk membantu memanfaatkan jerami untuk pupuk organik hayati. Pakan ikan, kendala bagi peternak karena harganya mahal, dengan pakan ikan terfermentasi diharapkan tidak ada kesulitan lagi.

Desa Jangga Dolok yang baru dimulai dan ditetapkan sebagai desa wisata. Hutan desa akan dimanfaatkan sebagai penggunaan lain yaitu digunakan untuk ekoturisme dan LIPI telah melakukan penelitian di lokasi ekowisata tersebut. Kegiatan ini ditindak lanjuti dengan perjanjian kerjasama desa Jangga Dolok dengan LIPI, demikian kata sambutan yang disampaikan oleh Kepala Desa Jangga Dolok Rahmat B Manurung.

Bupati Toba Samosir Ir. Darwin Siagian memberi pengantar sekaligus membuka Diseminasi dan Pelatihan ini. Menurut Bupati dalam mendukung destinasi pariwisata nasional Danau Toba perlu diberikan perhatian khusus kepada objek-objek wisata yang berhubungan dengan pariwisata.  Seperti ketersediaan listrik di objek wisata, pelabuhan, dan fasiltas umum lainnya. LIPI hadir di sini untuk membantu menggenjot potensi wisata yang ada di Tobasa. Selain itu pada tahun 2018 Tobasa merupakan salah satu dari tiga lokasi yang masuk dalam program pemerintah untuk dikembangkan potensi wisatanya.

Wakil Bupati Tobasa, “Kesungguhan ingin memajukan Tobasa lebih cepat membutuhkan teknologi yang sederhana karena masyarakat Tobasa masih sederhana. Dibutuhkan cara penyampaian yang tepat agar mudah dipahami dan dapat digunakan oleh masyarakat. Untuk mendorong tumbuh kembang diperlukan inisiatif dan kearifan lokal sehingga apa yang dimili oleh Tobasa tidak hilang karena Danau Toba dengan lingungan dan tradisinya tidak ada duanya di dunia.”

 

Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI, Dr. Ir. Witjaksono M.Sc memberikan kata sambutannya,  salah satu cara LIPI agar teknologi yang dihasilkan  dapat dipakai oleh masyarakat LIPI datang ke Desa Jangga Dolok. LIPI berharap masyarakat Desa Jangga Dolok dapat mempelajari teknologi yang diberikan oleh LIPI dan menerapkannya sesuai dengan yang disampaikan agar berhasil sehingga dapat  meningkatkan pendapatan masyarakat.

Pembekalan materi Pupuk Organik Hayati untuk Pertanian Berkelanjutan oleh Dr. Sarjiya Antonius

 Lihat Video  Presentasi POH

 

Suasana pelatihan pembuatan Pupuk Organik Hayati (POH) di Desa Jangga Dolok

Lihat Video PEMBUATAN POH  -  PEMBUATAN KOMPOS

Peserta Pelatihan Pembuatan Jamur Pangan dengan narasumber Dr. Iwan Saskiawan dan Sdr. Rahmat

Peserta pembuatan Pakan Ikan Terfermentasi dengan narasumber Rini Handyani, S.Si dan Sdr. Ardi

Lihat Video - Presentasi Pakan Ikan

Penulis - Esti W. (Humas Pusat Penelitian Biologi)

Diunggah - Pramono

 

Info Kegiatan

QR code

qr code

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top