• 000.jpg
  • 11.jpg
  • 21.jpeg
  • 31.jpg
  • 41.jpg
  • 51.jpg
  • 61.jpg
  • 71.jpg
  • 81.jpg
  • 91.jpg
  • 111.jpeg
  • 912.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (MUNASAIN) merupakan satu-satunya museum tentang sejarah alam Indonesia di Indonesia yang memberikan informasi lengkap dan terkini terkait tipe ekosistem dan sumber daya hayati. Lembaga yang mengelola museum ini adalah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Biologi. Upaya revitalisasi museum itu pun telah dilakukan agar pengembangan informasinya dapat lebih baik dan profesional.

Dan sebagai penanda hasil revitalisasi tersebut, dilaksanakan kegiatan Launching Ruang Introduksi MUNASAIN pada 16 Mei 2018 di Kota Bogor, Jawa Barat, yang bertepatan pula dengan Hari Museum Internasional.
 
Kota Bogor, 16 Mei 2018. Keberadaan MUNASAIN amatlah penting sebagai media penyadartahuan tentang alam Indonesia yang saat ini mengalami penurunan kualitas lingkungannya, sehingga masyarakat sejak usia dini dapat ikut menjaga lingkungan dan sumber daya alam dan hayati Indonesia. Museum tersebut merupakan pengembangan dari Museum Etnobotani Indonesia (MEI) yang didirikan tahun 1982. Museum itu kemudian direvitalisasi dan diperluas cakupannya menjadi MUNASAIN, yang secara resmi berdiri pada 18 Mei 2016.

 

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Prof. Dr. Enny Sudarmonowati sebagai penggagas utama berdirinya museum ini, mengatakan bahwa proses revitalisasi dan pengembangan MUNASAIN dilakukan secara bertahap dari lantai per lantai karena keterbatasan dana. Namun demikian, sudah ada “story line” untuk keseluruhan 5 lantai. “Ruang introduksi yang di-launching kali ini secara fisik berubah total dari yang semula. Tampilan barunya sudah edukatif, komunikatif, dan interaktif. Walaupun masih perlu dilengkapi lebih banyak multimedia,” jelasnya.
 
Sebagai museum berbasis sains, Enny melanjutkan, MUNASAIN bertujuan untuk memberikan pendidikan berkesinambungan kepada pengunjung. Sebagai museum nasional, museum ini mengenalkan sejarah alam Indonesia, budaya, dan keanekaragaman hayati Indonesia yang menjadi identitas bangsa kepada masyarakat umum khususnya generasi muda. “Setelah diadakan soft launching pada 31 Agustus 2016 yang lalu, MUNASAIN pun terus melakukan pengembangan, mulai dari tata pamer, program publik, ruang publik, hingga sarana dan prasarana museum,” paparnya.


Sementara terkait dengan kegiatan Launching Ruang Introduksi MUNASAIN, tujuan kegiatan ini adalah untuk meresmikan Ruang Introduksi (Pengantar) yang sekaligus sebagai penanda dibukanya kembali MUNASAIN secara utuh, setelah mengalami revitalisasi selama setahun. Revitalisasi ini didukung oleh Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Direktorat Pajak Wilayah III Jawa Barat. Sementara itu, kegiatan launching kali ini juga menyelenggarakan pameran temporer yang bertema “Tumbuhan Aromatik, Rempah dan Pewarna Alami”, yang dapat dikunjungi hingga Desember 2018.

Keterangan Lebih Lanjut:

  • Prof. Dr. Enny Sudarmonowati (Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI)
  • Purwadi (Koordinator Media Massa Bagian Humas, Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI)

 

Sumber: Pusat Penelitian Biologi
Penulis: pwd
Editor: dig

Siaran Pers ini disiapkan oleh Humas LIPI

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI diolah dari Pusat Penelitian Biologi LIPI

Sivitas Terkait : Prof. Dr. Enny Sudarmonowati

Diunggah Oleh - Pramono

Info Kegiatan

QR code

qr code

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top