• 00000.jpg
  • slide 01.jpg
  • slide 01a.jpg
  • slide 010.jpg
  • slide 011.jpg
  • slide 0111.jpg
  • slide 1.jpg
  • slide 2.jpg
  • slide 3.jpg
  • slide 4.jpg
  • slide 5.jpg
  • slide 7.jpg
  • slide 7a.jpg
  • slide 7b.jpg
  • slide 11.jpg
  • slide 12.jpg
  • slide 13.jpg
  • slide 14.jpg
  • slide 15.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

Danau Toba merupakan danau yang sudah dikenal luas dan kategorinya terbesar baik di Indonesia maupun AsiaTenggara dan telah ditetapkan sebagai Kawasan Strategi Pariwisata Nasional  (KSPN) sejak tahun 2011. 

Sejalan dengan program nasional untuk mengembangkan Danau Toba sebagai kawasan strategis pariwisata, Pusat Penelitian Biologi pada tahun 2018 melakukan kegiatan diseminasi dan penggalian potensi terkait dengan keanekaragaman hayati (IBSAP) di kawasan Danau Toba dan sekitarnya.

Peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI Dr. Haryono dan Dr. Edi Mirmanto M.Sc. dalam mendukung program nasional telah melakukan perjalanan dalam rangka sosialisasi dan audiensi dengan stakeholder di kawasan Danau Toba yang berpotensi sebagai mitra  terkait dengan kegiatan IBSAP 2018,  pada tanggal 23 s/d 26 Januari 2018.

Adapun tujuan auidiensi untuk mensosialisikan kegiatan yang telah dan akan dilakukan oleh Pusat penelitian Biologi LIPI, menghimpun informasi mengenai potensi dan permasalahan terkait keanekaragaman hayati, dan memperoleh mitra untk menujang kegiatan tersebut.

Kegiatan diawali pertemuan dengan Bappeda Provinsi Sumatera Utara di Medan, pertemuan ini diterima oleh Sekretaris Kepala Bappeda Pemprov Sumatera Utara, yaitu Dr. Munir Tanjung, M.M. dan didampingi oleh beberapa stafnya serta  dari Pemda Kabupaten.

Pogram LIPI terkait IBSAP pada tahun 2018 yang akan dilaksanakan di kawasan sekitar Danau Toba disambut dengan baik karena sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional tahun 2010-2025.



Pertemuan dengan Sekretaris Bappeda Pemprov Sumatera Utara dan stafnya

Dalam pertemuan tersebut Dr. Munir selaku Sekretaris Kepala Bappeda Pemprov Sumatera Utara, memaparkan mempresentasikan tentang gambaran restorasi lingkungan Danau Toba beserta permasalahan yang ada, antara lain; 1. Tingginya limbah rumah tangga dan transportasi, 2. Meningkatnya populasi eceng gondok, 3. Penebangan hutan, 4. Kebakaran hutan, 5. Limbah keramba jarring apung dan 6. Eksploitasi galian C

Beliaupun mengatakan bahwa beberapa kabupaten yang potensial untuk pengembangan POH dan lebah madu Trigona adalah Kabupaten dairi, Kabupaten Humbang Hasunudan, dan kabupaten fak-Fak Barat karena di ketiga lokasi ini terdapat hutan da areal tanaman sayuran, ungkapnya.

Pada pertemuan tersebut kami diarahkan agar mensosialisasikan dan mengkoordinasikan kegiatan LIPI dengan Pemda Kabupaten yang ada di sekitar Danau Toba, salah satunya adalah Kabupaten Toba Samosir dengan ibukotanya di Balige.

Menindaklanjuti pertemuan dengan Bappeda Pemprov Sumetara Utara maka telah dilakukan pertemuan auidiens dengan Bappeda Kabupaten Toba Samosir di Balige, yang diterima oleh Kepala Bidang Litbang Bapak Dicky Tablon dengan beberapa stafnya

Pertemuan dengan Bappeda Kabupaten Toba  Samosir di Balige

Pertemuan diawali dengan sosialisasi kegiatan yang akan dilakukan oleh Puslit Biologi LIPI pada tahun 2018, diantaranya diseminasi hasil penelitian yang meliputi enam kegiatan, antara lain: jati platinum, pupuk organik hayati, jamur, teknik budidaya ikan, pakan ikan fungsional, dan budidaya lebah Trigona.

Selain itu dilakukan diskusi tentang penggalian potensi dan permasalahan terkait dengan keanekaragaman hayati di danau Toba dan sekitarnya. Bappeda Toba Samosir (TOBASA) siap untuk mengkoordinir kegiatan diseminasi di wilayahnya berdasakan kesesuaian wilayahnya. Dijelaskan bahwa untuk keenam kegiatan yang direncanakan kesemuanya memungkinkan untuk dilakukan di kabupaten Tobasa.

Bappeda akan menyampaikan informasi dengan dinas terkait di wilayahnya dan kesanggupan kontribusi untuk sementara dari Pemda baru berupa penyediaan tempat pelaksanaan, sedangkan untuk kegiatan penelitian dapat dilakukan di wilayah ini karena masih terdapat kawasan hutan dan juga ada Taman Eden Seratus.

Pada kesempatan tersebut juga terjadi diskusi terkait dengan rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang terjadi di wilayahnya. Dari hasil diskusi tersebut dilanjutkan dengan peninjauan dan pengamatan langsung di lapangan. Salah satunya adalah mengamati kondisi hutan yang terdapat di sepanjang jalan menuju obyek wisata alam Sipinsur.  Hutan alami memang masih tersisa berupa spot-spot dengan ketebalan dan luasan yang bervariasi. Di bagian depan hutan tersebut juga dijumpai beberapa pemukiman penduduk.

Hasil sosialisasi dan audiensi selama pertemuan dengan Bappeda Pemprov Sumetara Utara dan Bappeda Kabupaten Toba Samosir di Balige serta stakeholder terkait telah diperoleh masukan dan kesepakatan untuk melakukan kegiatan diseminasi dan penelitian di lokasi terpilih. pertemuan tersebut juga disampaikan infromasi dan permasalahan yang dapat dikaji dan diteliti lebh lanjut terkait dengan potensi keanekaragama hayati di wilayah Toba Samosir dan Kabupaten lainnya di sekitar Danau Toba.

Untuk informasi lebih lanjut :

  1. Dr. Haryono, Peneliti Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi LIP (e-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )
  2. Dr. Edi Mirmanto M.Sc., Peneliti Bidang Botani Pusat Penelitian Biologi LIPI (e-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

Artikel ditulis oleh: Sri Handayani; Ditinjau oleh: Dr. Hayono dan Edi Mirmanto, M.Sc.

Diunggah Oeh - Pramono

Sumber: Laporan Perjalanan Identifikasi Stakeholder Kegiatan Ibsap 2018 Di Danau Toba

Info Kegiatan

QR code

qr code

Gallery 

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top