• 000.jpg
  • 11.jpg
  • 21.jpeg
  • 31.jpg
  • 41.jpg
  • 51.jpg
  • 61.jpg
  • 71.jpg
  • 81.jpg
  • 91.jpg
  • 111.jpeg
  • 912.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

Foto peserta sertifikasi bersama asesor LSPP-2 Kebudayaan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kegiatan sertifikasi Kurator Museum yang dilaksanakan selama 4 hari (15 – 18 November 2017) di Hotel Santika Premiere Bintaro diikuti oleh 28 peserta dari hasil seleksi kegiatan sebelumnya. Peserta berasal dari berbagai museum di Banten, Jakarta, dan Jawa Barat. Peserta dari Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (MuNaSAIn)sebanyak 4 orang yaitu Leberina Kristina Ibo, Marwan Setiawan, Septiani Dian Arimukti dan Vera Budi Lesari Sihotang. Sertifikasi ini merupakan kelanjutan bagi yang lulus seleksidari kegiatan Bimbingan Teknis Kurator Museum yang dilaksanakan pada tanggal 23 – 28 Oktober 2017 di Hotel Mercure Cikini, Jakarta(diikutioleh 30 peserta).

Latar Belakang diselenggarakannya kegiatan sertifikasi Kurator Museum sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya, disebutkan bahwa museum wajib memiliki kurator dan turunan dari Undang-Undang tersebut, yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2015 tentang Museum. Berdasarkan ke-dua peraturan tersebut di atas disebutkan bahwa kurator adalah orang yang karena kompetensi keahliannya bertanggung jawab dalam pengelolaan koleksi museum. Koleksi museum adalah BendaCagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, dan/atau Struktur Cagar Budaya dan/atau Bukan CagarBudaya yang merupakan bukti material hasil budaya dan/atau material alam dan lingkungannya yangmempunyai nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, kebudayaan,teknologi, dan/atau pariwisata. Oleh karenanya, diperlukan kurator yang memiliki keahlian untuk melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan koleksi museum. Selain itu,kurator juga harus mampu untuk mengkomunikasikan koleksi kepada masyarakat agar dapatmeningkatkan potensi nilai dan informasi koleksi, mengembangkan ilmu pengetahuan dankebudayaan.

Ruang lingkup sertifikasi yaitu menyusun dan mengevaluasi kebijakan pengelolaan koleksi museum, melaksanakan pengadaan, inventarisasi, penyimpanan, peminjaman, dan penghapusan koleksi museum, merencanakan dan melakukan kajian koleksi untuk pameran museum, dan menyusun materi publikasi berdasarkan hasil kajian koleksi.

Tujuan dari kegiatan sertifikasi ini untuk memastikan dan memelihara kompetensi tenaga kerja sesuai jabatan Kurator museum dan melegalkan statusnya sebagai seorang kurator museum yang professional. Untuk proses uji kompetensi yang dilaksanakan terdiri dari beberapa penilaian antara lain; penilaian secara praktek, tertulis, lisan, pengamatan atau cara lain yang objektif.

 

Foto sedang dilaksanakannya ujian tertulis

Uji kompetensi ini dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi P-2 Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan hasil dari ujian tersebut akanmengeluarkan sertifikat Kurator Museum. Sertifikat tersebut menjadi bukti pengakuan terhadap profesi tertentu yang mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan juga sikap kerja sesuai dengan standar yang dipersyaratkan.

Penulis - Marwan Setiawan (Calon Kurator Museum - P2 Biologi)

Pengunggah - Pramono

Info Kegiatan

QR code

qr code

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top