• slide 000.jpg
  • slide 01.jpg
  • slide 01a.jpg
  • slide 1.jpg
  • slide 2.jpg
  • slide 3.jpg
  • slide 4.jpg
  • slide 5.jpg
  • slide 7.jpg
  • slide 7a.jpg
  • slide 7b.jpg
  • slide 11.jpg
  • slide 12.jpg
  • slide 13.jpg
  • slide 14.jpg
  • slide 15.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

MONEV I - 2017

LIHAT GALERI FOTO DI SINI

Pusat Penelitian Biologi - LIPI menyelenggarakan Monitoring dan Evaluasi yang pertama (Monev I) pada tahun 2017, kegiatan ini berlangsung selama tiga hari pada tanggal  8 – 10 Agustus 2017 bertempat di ruang pertemuan, Gedung Botani - Mikro, Cibinong Science Center (CSC).

Kegiatan Monev ini dihadiri oleh Kepala Pusat Penelitian Biologi, Jajaran Eselon 3 dan 4, Pimpinan Kelompok Penelitian, Kepala Laboratorium, PME, PPK dan Pelaksana Kegiatan.

Monitoring dan Evaluasi kegiatan penelitian dan diseminasi diperlukan untuk mengukur capaian dan mengidentifikasikan hambatan serta pencarian alternatif solusinya sehingga kinerja yang telah ditetapkan dapat tercapai sesuai target.

Monev I bertujuan untuk memonitor dan mengevaluasi Pelaksana  Kegiatan dan  Program Unggulan Puslit Biologi LIPI. Hal ini untuk mengukur seberapa jauh tingkat keberhasilan kegiatan penelitian Pusat Penelitian Biologi dan mengevaluasi secara menyeluruh untuk melihat tingkat capaian yang  menjadi dasar bagi peningkatan kinerja kegiatan triwulan berikutnya.

Dr. Ir. Witjaksono, M.Sc, selaku Kepala Pusat Penelitian Biologi-LIPI, dalam sambutannya  mengatakan bahwa kegiatan monev tengah tahun ini rutin untuk evaluasi, progress capaian dan mencari solusi bagi kendala – kendala dalam penelitian dan kegiatan lainnya serta pengembangan SDM dan lain-lain.

Ada beberapa hal yang bisa kita peroleh dengan melakukan monev ini, yang menjadi ajang berlatih presentasi sesuai metode ilmiah yang berstandar terutama bagi peneliti-peneliti yang masih belum senior, jadi dari aturan kenaikan jenjang fungsional itu diharuskan untuk tingkat tertentu untuk menjadi koordinator kegiatan dan sebagainya, Oleh karena itu kita harus memasukkan peneliti-peneliti yang relatif masih muda untuk menjadi koordinator, jelasnya sekaligus membuka acara.

Disinilah tempat berlatih juga untuk mempresentasikan penelitiannya dimulai dari apa masalahnya, hipotesa dan pengujiannya serta kesimpulan. Pada kesempatan ini peneliti-peneliti yang masih relatif muda juga harus bisa menunjukkan data penelitiannya, bukan sekedar data, hanya tabel, pengamatan ditayangkan dilaporkan bukan seperti itu, jelasnya

Belaiu mengatakan bahwa kekuatan dalam menjaga metode ilmiah dalam penelitian harus menjadi unggulan LIPI, sehingga hasil penelitian valid. Dengan hasil yang valid maka kita bisa menjalankan tanggungjawab LIPI melakukan sinergi program satu dan yang lainnya dengan berorientasi pada yaitu; 1). Untuk pengembangan keilmuan (Science for Science), 2). Untuk masyarakat ilmiah (Science for Community) dan 3). Hasilnya bisa di diseminasikan kepada masyarakat (Science for Stakeholder). Oleh karena itu diskusi terbuka harus kita lakukan tidak perlu takut dan malu itu untuk mengemukakan pendapat dan kritikan, ungkapnya.

Dr. Cahyo Rahmadi selaku Ketua PME Pusat Penelitian Biologi LIPI dalam presentasinya melaporkan monitoring dan evaluasi 1 (2017), kegiatan 2017 dan 2018, pelaporan yang yang masih memerlukan banyak perbaikan.

Dalam serapan anggaran di semester 1 masih ada beberapa KSK yang rendah, efisiensi anggaran beberapa kegiatan mengalami penyesuain 20-35 %. Pada Pagu anggaran indikatif 2018 sangat dinamis, penelaahan RKAKL 2018 tahap 1 sudah dilakukan dan ada beberapa hal yang perlu diperbaiki sesuai arahan hasil penelaahan.

Selanjutnya masing-masing koordinator pelaksana mempresentasikan hasil penelitian / kegiatan yang sedang atau telah dikerjakannya.   (Sri Handayani & Esti Wisnawati)

Diunggah Oleh - Pramono

Info Kegiatan

Gallery 

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

Newsletter

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top