• slide 000.jpg
  • slide 01.jpg
  • slide 01a.jpg
  • slide 1.jpg
  • slide 2.jpg
  • slide 3.jpg
  • slide 4.jpg
  • slide 5.jpg
  • slide 7.jpg
  • slide 7a.jpg
  • slide 7b.jpg
  • slide 11.jpg
  • slide 12.jpg
  • slide 13.jpg
  • slide 14.jpg
  • slide 15.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

Participants of PGPR Meeting In Indonesia


Plant Growth Promoting  Rhizobacteria (PGPR) merupakan bakteri yang berkoloni dengan perakaran, dapat memberikan keuntungan untuk mendukung kekebalan, pertumbuhan dan perkembangan tanaman berkat kemampuannya dalam menghasilkan zat pengatur tumbuh (ZPT), biokatalis untuk mendukung tersedianya NPK dan asam-asam organic penting lainnya bagitanaman. PGPR sebagaiagen pelestarian lingkungan,  menjaga biodiversitas mikroba perakaran guna mendukung pertanian ramah lingkungan yang yang dapat meningkatkan hasilpertanian. Hal inisangat penting untuk menunjang ketahanan pangan nasional yang berkelanjutan sesuai yang dicanangkan oleh  pemerintah.

Asian Plant Growth-Promoting Rhizobacteria (PGPR) merupakan perkumpulan (asosiasi) masyarakat ilmiah yang dibentuk pada 2009 sebagai organisasi yang mewadahi para ilmuwan, peneliti, akademisi, pemerintah, mahasiswa, petani, personil industri, dan berbagai disiplin ilmu terkait pertanian lainnya. Agenda pertemuan Asian PGPR mendiskusikan berbagai keperluan bersama untuk masyarakat dunia. Pada sisilain, aplikasi dan komersialisasi PGPR untuk kepentingan pertanian berkelanjutan menjadi pasar yang berkembang mendunia. Semakin meningkatnya populasi manusia, dan sejalan dengan tuntutan peningkatan pengelolaan sumber daya biologi, maka diperlukan upaya yang tepat untuk penyediaan dan pemenuhan kebutuhan pangan dunia. Sehubungan dengan hal tersebut maka konferensi Asian PGPR dilaksanakan,

Indonesia telah dipilih menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraankegiatan 5th Asian PGPR International Conference tahun 2017.  Pengurus organisasi Asian PGPR bermitra dengan Puslit Biologi-LIPI menetapkan penyelenggaraan di kota Bogor karena memiliki sejarah terkait dengan perkembangan pertanian/perkebunan baik pada skala nasional maupun internasional. Pertemuan akan dihadiri oleh sekitar 250  peserta yang akandiikuti oleh lebih dari 13 negara di Asia, antara lain Indonesia, India, China, Taiwan, Korea, Pakistan, Kazakhstan, Jepang, Filipina, Malaysia, Saudi Arabia, Iran dan Hongkong, serta beberapa negara lainnya seperti Amerika, Jerman, Italia, Australia, Austria, Kanada dan Trinidad & Tobago.

Seminar Internasional The 5th Asean Plant Growth-Promoting Rhizobacteria (ASEAN PGPR) Conference 2017, akan berlangsung penyelenggaraannya bertempatdi IPB International Convention Center, Bogor, padatanggal 17 – 19 Juli 2017.KonferensiPGPR ini mengangkattopik kekinian manfaat biodiversitas mikroorganisme, dalam hal ini rizobakteri penyubur pertumbuhan tanaman (PGPR)sebagai pilar pembangunan pertanian berkelanjutan dalam mendukung ketahanan pangan.

Adapun, tujuan penyelenggaraan konferensiini adalah: 1). Meningkatkan kesadaran bersama dalam penataandan pemanfaatan sumber daya biologi khususnya mikroba tanah dalam memelihara keberlangsungan kehidupan di bumi. 2). Mengoptimalkan terjalinnya komunikasi dan pertukaran informasi hasil-hasil riset sehingga dapat dibangun kerjasama antara berbagai instansi baik dalam dan luar negeri 3). Penyelenggaraan konferensi menghadirkan berbagai komponen disiplin ilmu dan profesi agar berpartisipasi secara aktif dalam menetapkan strategi pencapaian ketahanan pangan yang berkelanjutan secara global.

Harapan dari hasil konferensi terjalin networking pada skala global untuk berbagi strategi dalam pencapaian pemenuhan dan keamanan produksi pangan pada tingkat nasional dan regional yang berbasis pemahaman peran vital PGPRbeserta kelemahanannya, serta tercapainya pertanian berkelanjutan yang didasari hasil riset strategis PGPRyang berfokus pada identifikasi, karakterisasi, dan katalogisasi sifat strain yang diinginkan, sertamemahami mekanisme kerja spesifik dalam pemanfatannya.

Penyelenggaraan 5th Asian PGPR Conference tahun 2017 merupakan kerjasama dari Asian-PGPR Society dengan Pusat Penelitian Biologi LIPI. Momen ini sekaligus merupakan rangkaian penting dalam memperingati HUT Emas LIPI. (Sri Handayani)

Sumber: Pusat Penelitian Biologi LIPI

Untuk informasi lebihlanjut hubungi :

Dr. Sarjiya Antonius (Peneliti Bidang Mikrobiologi, Pusat Penelitian Biologi-LIPI)

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. , HP: 085717524550

BERITA TERKAIT

Rizobakteri Miliki Peran Penting dalam Memacu Peningkatan Hasil Pertanian

 

Info Kegiatan

Gallery 

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top