• 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

Kebun Raya Bogor (KRB) merupakan pusat konservasi tumbuhan di Indonesia, merayakan dua abadnya pada  18 - 21 Mei 2017. Acara dihadiri antara lain oleh mantan presiden RI ke lima Megawati Soekarno Putri, Menteri Kominfo Rudiantara, Staf Kepresidenan Teten Masduki, Kepala LIPI Iskandar Zulkarnain, dan Kepala Satuan Kerja di lingkup LIPI.

Berbagai acara menyambut hari ulang tahun tersebut diselenggarakan antara lain pameran perkebunrayaan, panggung hiburan, Kegiatan Pendidikan Lingkungan, Seminar Internasional, perlombaan lari marathon, sepeda santai dan pertandingan olah raga antar Kebun Raya. Berbagai stand pameran dari instansi pemerintah dan perusahaan swasta ikut serta seperti BKT KR Daerah, Kebun Raya dari luar negeri, LIPI, Puslit Kelapa Sawit Medan,  SEAFAST Center, Balitro Bogor, BBLBPTH Sleman, PPBBI Bogor, BBIA Bogor, PP Karet Bogor,  PUPR, PPVTPP, BBTIP, STPP, PPPHH, BLI, TNG Halimun Salak, PPPTP, Universitas Nusa Bangsa, Universitas Djuanda, IPB, YKRI, Seameo Biotrop, Burung Indonesia, Konservasi Internasional Indonesia, Taman Bunga Nusantara, Martha Tilaar, PT Kalbe Farma Tbk. Botani Square, United Bike dan stand lainnya terutama memamerkan dan menjual produk makanan serta dijumpai pula produk furniture organik.

Peserta stand pameran dari LIPI terdiri dari sembilan satker diantaranya adalah Puslit Biologi. Satuan kerja yang berlokasi di Cibinong Science Center menampilkan  hasil penelitian sesuai dengan bidang-bidangnya. Bidang Zoologi ini menampilkan biodiversitas fauna berupa koleksi opsetan biawak, kalong (kelelawar) dan penyu. Koleksi hewan lainnya antara lain awetan kering kupu-kupu yang dilindungi dan koleksi awetan basah ikan. Bidang Botani menampilkan jati platinum, etnobotani tentang contoh kearifan lokal tumbuhan sebagai bahan obat dan peralatan, dan dari laboratorium fitokimia tentang
potensi jamur endofit dari Smilax spp, Potensi tersembunyi dibalik tumbuhan obat Indonesia serta Potensi extrak jamur endofit dan batang pakie tangkur. Bidang Mikrobiologi mendisplay beberapa koleksi ampul dan isolate, produk jadi POH, Jamur, produk olahan dari jamur lain-lain serta replika.

Dalam kegiatan pameran ini stand Puslit Biologi LIPI dapat memanfaatkan kesempatan untuk menyebarkan informasi seputar satuan kerjanya, baik tentang hasil penelitian dan  organisasi atau hal lain sesuai dengan bidang-bidangnya. Penyebaran informasi dilakukan melalui penyebaran leaflet atau brosur dan penjelasan lisan yang disampaikan oleh pemandu  stand pameran dan melalui pengalaman. Jalinan hubungan dengan satker dan instansi dan perusahaan lain pun dapat kita temukan dalam kesempatan ini sehingga antar stand pameran dapat saling mengenal.

Lokasi pameran diselenggarakan di jalan Astrid - Kebun Raya Bogor,  dan dapat diakses melalui pintu masuk III jalan Pajajaran. Stand – stand pameran berupa tenda besar dan kecil (bentuk kerucut) yang ditata apik sehingga menarik untuk dikunjungi. Panitia penyelenggara juga menyediakan sebuah panggung khusus untuk hiburan berupa  live music sehingga dapat menambah meriahnya acara pameran tersebut.



Artikel ini ditulis oleh Dian Komara (Humas P2 Biologi)

Artikel ini diunggah oleh Pramono pada tanggal 24 Mei 2017

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top