• 0000.jpg
  • 11.jpg
  • 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 
PEMBICARA : Dewi Citra Murniati, M.Si. - Tri Haryoko, M.Si. - I Putu Gede Parlida Damayanto, M.Si. - Debora Christin Purbani, M.Si.

Keanekaragaman hayati Indonesia kini menjadi sasaran para peneliti dunia, karena posisi Indonesia yang berada di jalur khatulistiwa menjadikannya sebagai biodiversity hotspot, bukan hanya flora dan fauna tetapi juga mikrob. Keberadaan sumberdaya hayati ini dapat dikelola apabila disertai dengan sumber daya peneliti yang berdaya saing. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai lembaga penelitian nasional harus mampu mengungkap dan mengelola keanekaragaman hayati tersebut.


Peningkatan kompetensi SDM melalui pendidikan dan pelatihan diperlukan guna mendapatkan pengetahuan tentang tren penelitian global, inovasi alat dan metode terbaru, serta teknik-teknik khusus yang tidak didapat melalui buku teks. Adanya komunikasi dengan peneliti internasional dapat membuat terjadinya sharing informasi, pengalaman, dan keterampilan sehingga dapat meningkatkan kompetensi peneliti LIPI sekaligus sebagai studi banding terkait perkembangan penelitian dunia. Oleh karena itu Kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati-LIPI melakukan kegiatan Tailor Made Training “Curatorial
Competencies” pada tanggal 24 September-25 Oktober 2016 di Scotlandia melalui pendanaan Kementerian Ristek dalam Program Pendidikan Non-Gelar Riset-Pro tahun 2016.

Selama bulan September dan Oktober 2016, Aquatera Ltd, SEATIS Ltd, kampus Orkney dari Heriot-Watt University, dan Robert Gordon University menjadi penyelenggara training kuratorial bagi 15 orang peneliti Indonesia dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Program yang dikembangkan untuk para peneliti berjudul “INTERNATIONAL PROGRAMME FOR INDONESIAN RESEARCHERS (InSPIRe)” Program pelatihan di Skotlandia mencakup pelatihan berbasis laboratorium, workshop, diskusi interaktif dengan praktisi dan akademisi, kunjungan lapangan ke berbagai museum, herbarium, kebun raya, dan
industri di Aberdeen, Edinburgh, Inverness, Orkney dan London.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan kompetensi peneliti Kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) khususnya dalam pengungkapan biodiversitas Indonesia dan konservasinya yang sesuai dengan tujuan strategis Kedeputian IPH-LIPI untuk mengembangkan koleksi keanekaragaman hayati dan pemanfaatannya (bioresources) sehingga menjadi center of excellence dalam bidang konservasi dan pengungkapan potensi dan peningkatan nilai tambah sumber daya alam hayati.


LIHAT FOTO LAINNYA


Artikel ini ditulis oleh Tri Haryoko, M.Si. - Dewi Citra Murniati, M.Si. - I Putu Gede Parlida Damayanto, M.Si. - Debora Christin Purbani, M.Si.

Artikel ini diunggah oleh Pramono pada tanggal 12 April 2017

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top