• 0000.jpg
  • 01.jpg
  • 001.jpg
  • 0011.jpg
  • 11.jpg
  • 21.jpeg
  • 31.jpg
  • 41.jpg
  • 51.jpg
  • 61.jpg
  • 71.jpg
  • 81.jpg
  • 91.jpg
  • 111.jpeg
  • 912.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Peneliti Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr Evy Ayu Arida mengatakan perempuan bisa maju, di ranah yang mayoritas pelakunya adalah laki-laki, salah satunya peneliti.

 

"Kuncinya adalah berani berubah, tetapi tetap mengakui identitas diri sebagai perempuan, bisa tetap maju di ranah mayoritas pelaku laki-laki," ujar Evy saat ditemui dalam acara Diskusi Publik Hari Perempuan Sedunia 2017 dengan mengangkat tema 'Peneliti Perempuan untuk Perubahan', Rabu (8/3/2017).

Dikatakan Evy, penelitian yang ditekuni adalah seputar hewan melata atau herpetofauna. Sejak bergabung pada 2000 sebagai peneliti, bidang herpetofauna masih sangat minim peminat. Sebagai bentuk apresiasi perempuan mengenai pengetahuan hayati di LIPI, saat ini gender (jenis kelamin) tidak terlalu diperhatikan dan peran perempuan kini penting di dunia hayati.

Tugas yang ia lakukan sebagai peneliti hewan melata dikatakan mengunjungi berbagai tempat jauh 'dari peradaban', mengambil sampel hewan dan menelitinya, "Jadi tugas perempuan tidak hanya rumah tangga, tetapi ada juga yang menghasilkan data ilmu pengetahuan," tukas Evy.

"Saya sendiri awalnya agak jijik (dengan hewan melata), tetapi saya bisa meneliti sebagai bentuk apresiasi pada hewan berlendir dan bersisik yang dinilai tak dihargai. Tetapi dengan meneliti hewan melata, benuk bagaimana kita dapat menghargai, mengeluarkan ide kreatif, memberikan ujian diri seberapa jauh kemampuan diri kita," sambung Evy.

Dijelaskan Evy, saat ini juga telah terjadi perubahan peminatan dan jumlah gender perempuan dalam penelitian di bidang hewan. Evy mengatakan, dulu peneliti perempuan selain sedikit, juga jarang yang mengambil peminatan hewan seperti reptil.

"Sekarang banyak mahasiswa dan dosen perempuan yang meneliti reptil, padahal dulu paling meneliti tikus, jadi banyak keragaman hewan dalam penemuan penelitian," tambahnya.

Ia juga mengaku awalnya dipaksa masuk bidang penelitian hewan herpetofauna saat wawancara di LIPI dan mengharapkan dipindah dalam bidang penelitian lain. Namun dengan segala tantangan yang dihadapi, akhirnya Evy telah menikmati bidangnya dengan semboyan yang ia gunakan yakni 'tak kenal maka tak sayang'.

"Kenali dulu nanti rasa cinta tumbuh sendiri," demikian dikatakan dokter yang meneliti tikus pada jenjang S1, Kadal Australia pada S2 dan Biawak Komodo pada S3.

Dijelaskan Evy, meski hasil penelitiannya tidak dapat memiliki andil besar untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, karena merupakan ilmu dasar, di mana hasil penelitian dijadikan sebagai data ilmu, namun penelitiannya juga dapat bermanfaat untuk mengedukasi anak-anak. Biasanya anak hanya sekedar dijelaskan dan dikenalkan orang tua mengenai hewan anjing dan kucing saja misalnya, padahal belum tentu. Ternyata masih banyak hewan lainnya, sebut saja ular.

"Di keluarga biasanya ditanamkan pola pikir, selain hewan anjing dan kucing, hewan lain 'jahat', misalnya ular, karena berbisa dan beracun, padahal belum tentu benar. Tergantung bagaimana reaksi kita pada hewan," jelas Evy.

17 tahun berkecimpung di dunia peneliti, Evy telah meraih gelar Master of Science, Flinders University Adelaide, Australia pada 2005 dan Doktor rerum naturalium, Rheinische Friedrich-Wilhelms-Universität Bonn, Jerman pada 2011.

"Kembangkan diri, keluarkan ide kreatif untuk mengukur kemampuan kita. Namun tetap tunjukkan kodrat sebagai perempuan dan kita mampu setara dengan laki-laki," pesan Evy pada peringatan Hari Perempuan Internasional.

 

Sumber Berita : Netral News



Artikel ini ditulis oleh Netral News : Kamis, 09 Mar 2017 | 09:38 WIB

Artikel ini diunggah oleh Pramono pada tanggal 09 Maret 2017

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top