• 0000.jpg
  • 11.jpg
  • 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

JAKARTA - Sumber daya perairan dan laut Pulau Sumba memiliki potensi dan keunikan yang tinggi karena posisinya di bagian selatan zona transisi Wallacea dengan karakteristik biogeografi Indo-Malaya dan Australasia. Sayangnya, potensi ini masih minim informasi ilmiah.

Karena itu, Ekspedisi Widya Nusantara (E-WIN) 2016 yang melibatkan Pusat Penelitian Oseanografi (P2O) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mencoba mengungkap proses oseanografi, biogeokimia, dan potensi sumber daya laut di kawasan Perairan Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Deputi Bidang Ilmu Kebumian (IPK) LIPI, Zainal Arifin menuturkan, potensi terumbu karang, ikan karang dan padang lamun, di perairan Sumba cukup tinggi dan variatif. “Ekosistem terumbu karang dapat menghasilkan tangkapan ikan sebesar 3 hingga 37 ton/km2/tahun,” jelas Zainal pada Ekspose dan Talkshow E-WIN 2016: Menggali Potensi Bioresources untuk Mengurangi Kerentanan Masyarakat Perdesaan Sumba di Auditorium LIPI, Jakarta, pada Senin (19/12/2016).

Zainal menjelaskan padang lamun yang ditemukan di Sumba Timur berperan penting dalam menunjang usaha perikanan, karena menjadi tempat pembesaran dan pengasuhan berbagai jenis ikan bernilai niaga, misalnya baronang dan kakap.

Dari hasil ekspedisi ini, Zainal menyampaikan catatan penting yaitu adanya isu illegal fishing berupa penggunaan bom oleh nelayan untuk menangkap ikan sehingga merusak ekosistem terumbu karang.

Yang kedua, potensi pengembangan budi daya rumput laut dan upaya konservasi kawasan ekosistem padang lamun. Catatan ini merupakan hasil kajian padang lamun seluas sekitar 20 hektar hanya di 2 kabupaten di Sumba Timur dan Sumba Barat. Padang lamun sangat penting bagi kehidupan biota ikan sebagai daerah asuhan dan pembesaran, sehingga perlu dijaga kelestariannya.

“Kalau kita mampu melakukan upaya konservasi pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan budidaya rumput laut dan mencegah kegiatan penangkapan ikan dengan bom maka keinginan pemerintah daerah terkait pengembangan pariwisata kemungkinan akan berhasil,” ungkap Zainal.

Peneliti Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Udhi Eko Hernawan dalam paparannya menyampaikan temuan-temuan penting antara lain adanya front di perairan ujung barat Pulau Sumba, yang berpotensi menimbulkan eddy (pusaran air).

Adanya empat massa air di sisi barat, utara dan selatan P. Sumba, yaitu NPSW (Northern Pacific Subtropical Water), NPIW (Northern Pacific Intermediate Water), NISW (Northern Indian Subtropical Water) dan NIIW membuktikan bahwa kawasan ini menjadi salah satu pintu keluar Arlindo (Arus Lintas Indonesia).

Kawasan perairan di sebelah utara Pulau Sumba merupakan kawasan yang sangat subur dengan kadar klorofil-a sangat tinggi, mencapai 4,25 mg/m3. Kondisi ini menunjukkan adanya potensi sumber daya perikanan yang tinggi di wilayah tersebut.

Kondisi perairan Pulau Sumba dan sekitarnya dinilai masih cukup baik berdasarkan fakta berupa rendahnya kepadatan zooplankton yang bersifat merugikan seperti Ctenophores.

Kondisi terumbu karang bervariasi dari kategori kurang hingga cukup, dan ditemukan banyak praktek penangkapan ikan yang merusak. Hal ini menunjukkan pentingnya penegakan hukum dan penyadartahuan masyarakat mengenai konservasi terumbu karang.

Udhi berharap hasil ekspedisi ini dapat menjadi rujukan bagi pemanfaatan dan pengembangan sumber daya laut yang tepat sasaran dan berkesinambungan.

 

Sumber Berita : TEKNOLOGI INDONESIA

Artikel ini ditulis oleh Setiyo Bardono - TEKNOLOGI INDONESIA : Desember 2016

Artikel ini diunggah oleh Pramono pada tanggal 23 Desember 2016

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top