• 000001a.jpg
  • 000001b.jpg
  • 000001c.jpg
  • 000001d.jpg
  • 000001e.jpg
  • 00015logo30thmab3.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

nusakini.com - Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur menjadi tujuan Ekspedisi Widya Nusantara (E-WIN) 2016 yang dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada April dan Agustus 2016 lalu. Pasca ekspedisi ini, LIPI memberikan setidaknya tiga rekomendasi untuk pemerintah daerah setempat agar melakukan pengelolaan wilayah Sumba dengan baik berdasarkan hasil temuan dan riset E-WIN.

Untuk diketahui, E-WIN merupakan ekspedisi riset hasil kolaborasi tiga kedeputian di LIPI, yakni Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati (IPH), Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian (IPK), dan Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK). Lebih dari 50 peneliti LIPI dari beragam lintas disiplin ilmu terlibat dalam E-WIN itu.

“Ekspedisi E-WIN dilakukan lintas keilmuan dengan harapan dapat maksimal mengeksplorasi potensi dan identifikasi kerentanan di Pulau Sumba,” ujar Bambang Subiyanto, Deputi Bidang Jasa Ilmiah (Jasil) LIPI yang mewakili Kepala LIPI pada Senin (19/12) saat membuka Ekspose dan Talkshow E-WIN 2016: Menggali Potensi Bioresources untuk Mengurangi Kerentanan Masyarakat Perdesaan Sumba di Auditorium LIPI Pusat Jakarta.

Bambang mengatakan, Pulau Sumba dipilih sebagai lokasi penelitian karena memiliki ekosistem yang unik, namun belum banyak penelitian yang dilakukan di pulau tersebut. Pulau ini memiliki flora dan fauna yang merupakan campuran Asia dan Australia. “Penelitian Pulau Sumba ikut menyertakan potensi kearifan lokal sehingga diharapkan terjalin benang merah lintas keilmuan dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Bambang.

Sebagai pertimbangan ilmiah, LIPI pun memberikan rekomendasi berdasarkan hasil ekspedisi untuk pengelolaan bioresources yang ada di Sumba dengan membagi Sumba Timur dan Sumba Barat sesuai dengan karakteristik ekosistemnya. Setidaknya, lembaga penelitian ini memberikan tiga rekomendasi.

Pertama, penguatan masyarakat dan lingkungan Sumba Timur meliputi pengembangan intensifikasi ternak dengan sistem Sentra Peternakan Sapi (SPS) di tingkat kecamatan, yang sekaligus memanfaatkan kekayaan alam untuk eco-wisata, pengembangan lahan pertanian sekaligus tambak ikan air tawar, serta penguatan kelembagaan ekonomi masyarakat melalui koperasi. Ketahanan pangan perlu dikembangkan dengan menaikan status tanaman pangan lokal sebagai bahan pangan pokok.

Kedua, untuk Sumba Barat Daya difokuskan penguatan pakan ternak lokal dan produktivitas ternak lokal, dan membangun masyarakat tani polibian di pesisir, serta memperkenalkan teknologi pembuatan gula kelapa kristal.

Dan ketiga, rekomendasi secara umum bagi pengelolaan perairan dan laut Sumba yang meliputi penegakan hukum untuk pengamanan dari bom ikan, upaya pelestarian dan transplantasi terumbu karang, serta pelestarian padang lamun dan budidaya rumput laut. Hal ini agar dapat memberikan manfaat jasa layanan ekosistemya secara maksimal.

Sumber Berita : NUSA KINI


Artikel ini ditulis oleh NUSA KINI : 22 December 2016 10:16

Artikel ini diunggah oleh Pramono pada tanggal 22 Desember 2016

Info Kegiatan

QR code

qr code

Gallery 

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top