• 000001a.jpg
  • 000001b.jpg
  • 000001c.jpg
  • 000001d.jpg
  • 000001e.jpg
  • 00015logo30thmab3.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

IDNews.co.idPulau Sumba terdapat di Nusa Tenggara Timur (NTT), yang mempunyai keanekaragaman alam serta budaya. Sayangnya, kekayaan itu masihlah belum mampu diperkembang dengan cara optimal oleh orang-orang setempat.

Kemiskinanlah sebagai masalah struktural Pulau Sumba mulai sejak dahulu sampai sekarang ini. Padahal, area Sumba mempunyai potensi kekayaan alam serta budaya yang demikian tinggi.

”Dari hasil ekspedisi widya nusantara (e-win) tim peneliti mencatat lebih dari satu model tumbuhan liar yang punya potensi diperkembang sebagai sumber pangan yakni jewawut, grup uwi serta garut, ” tutur Deputi Bagian Pengetahuan Pengetahuan Hayati, Prof. Enny Sudarmonowati, di acara Ekspose E-Win LIPI 2016, di area Gatot Subroto, Jakarta, Senin (19/12/2016).

Sayangnya, kekayaan itu belum sanggup diperkembang dengan cara optimal oleh orang-orang setempat, terutama langkah yang dipakai belum pas. Permasalahan kemiskinan pada akhirnya semakin menjadi-jadi lantaran tiga gosip paling utama yang berlangsung di Sumba sekarang ini.

 

Keanekaragaman Pulau Sumba Belum Mampu Dikembangkan Warga Setempat

Ilegal fishing dengan pemakaian bom dalam menangkap ikan, pengembangan budidaya rumput laut yang baru 10 %, serta usaha konservasi padang lamun yang belum optimal, ” tutur Deputi Bagian Pengetahuan Kebumian, Dr. Zainal Arifin, di peluang yang sama.

Pemakaian bom itu sanggup mengakibatkan kerusakan terumbu karang laut. Kemudian, pembudidayaan rumput laut serta tempat Padang Lamun yang optimal, semestinya sanggup kurangi kerentanan orang-orang di Sumba. Hingga, diinginkan E-WIN yang dikerjakan dengan cara teratur serta mendetail, pemerintah dapat menunjang pengembangan lokasi Sumba dengan cara pas serta optimal.

”Waktu sumber daya alam serta kemauan orang-orangnya di ketahui, jadi kita rembuk apa yang paling baik untuk bangun orang-orangnya, ” tutur PLH Kepala LIPI, Prof. Bambang Subiyanto.

”Kami harap dapat tumbuh bagian baru yang perihal pemakaian tehnologi, sumber daya lokal serta sesuai sama apa yang diinginkan orang-orangnya. Dan info ilmiah supaya orang-orang tahu nilai potensi wilayahnya, ” lanjut Bambang.


Sumber Berita : IDNEWS

Artikel ini ditulis oleh Pratama Andi - IDNEWS : Selasa, 20 Desember 2016

Artikel ini diunggah oleh Pramono pada tanggal 22 Desember 2016

Info Kegiatan

QR code

qr code

Gallery 

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top