• 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

VIVA.co.id – Pulau Sumba terletak di Nusa Tenggara Timur (NTT), yang memiliki keanekaragaman alam dan budaya. Sayangnya, kekayaan tersebut masih belum dapat dikembangkan secara maksimal oleh masyarakat setempat. Tumbuhan liar seperti Jewawut, kelompok uwi dan garut salah satunya.

Kemiskinanlah yang menjadi problem struktural Pulau Sumba sejak dulu hingga saat ini. Padahal, kawasan Sumba memiliki potensi kekayaan alam dan budaya yang begitu tinggi.

"Dari hasil ekspedisi widya nusantara (e-win) tim peneliti mencatat beberapa jenis tumbuhan liar yang berpotensi dikembangkan sebagai sumber pangan yaitu jewawut, kelompok uwi dan garut," ujar Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati, Prof. Enny Sudarmonowati, di acara Ekspose E-Win LIPI 2016, di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Senin 19 Desember 2016.

Sayangnya, kekayaan tersebut belum mampu dikembangkan secara maksimal oleh masyarakat setempat, khususnya cara yang digunakan belum tepat. Masalah kemiskinan akhirnya makin menjadi-jadi karena tiga isu utama yang terjadi di Sumba saat ini.

"Ilegal fishing dengan penggunaan bom dalam menangkap ikan, pengembangan budidaya rumput laut yang baru 10 persen, dan upaya konservasi padang lamun yang belum maksimal," ujar Deputi Bidang Ilmu Kebumian, Dr. Zainal Arifin, di kesempatan yang sama.

Penggunaan bom tersebut mampu merusak terumbu karang laut. Kemudian, pembudidayaan rumput laut dan lahan Padang Lamun yang maksimal, seharusnya mampu mengurangi kerentanan masyarakat di Sumba. Sehingga, diharapkan E-WIN yang dilakukan secara rutin dan mendetail, pemerintah bisa membantu pengembangan wilayah Sumba secara tepat dan maksimal.

"Saat sumber daya alam dan keinginan masyarakatnya diketahui, maka kita rembuk apa yang terbaik untuk membangun masyarakatnya," ujar PLH Kepala LIPI, Prof. Bambang Subiyanto.

"Harapan kami akan tumbuh bidang baru yang terkait pemanfaatan teknologi, sumber daya lokal dan sesuai keinginan masyarakatnya. Serta informasi ilmiah agar masyarakat tahu nilai potensi wilayahnya," lanjut Bambang.

Sumber Berita : VIVA


Artikel ini ditulis oleh Anisa Widiarini, Diza Liane Sahputri - VIVA : Senin, 19 Desember 2016 | 15:33 WIB

Artikel ini diunggah oleh Pramono pada tanggal 20 Desember 2016

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top