• 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

 

WhatsApp Image 2022 03 28 at 13.45.18Cibinong, Humas BRIN. Herpetologi adalah cabang ilmu mempelajari amfibi dan reptil. Inisiasi pembentukan forum ilmiah herpetologi di Indonesia telah dimulai sekitar 15 tahun lalu (tahun 2007). Dimulai dengan Seminar Nasional yang diselenggarakan di Institut Pertanain Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Padjadjaran (UNPAD), Universitas Sumatera Utara (USU) dan kembali ke Universitas Gadjah Mada (UGM) yang merupakan seminar ke-7, dimana yang menjadi penyelengara di Semiar Herpetologi Indonesia ke-7 ini adalah Fakultas Biologi, UGM. Hal ini disampaikan Amir Hamidy, Peneliti Ahli Utama, Pusat Riset Biosistematika dan Evolusi-Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada Seminar Nasional Penggalang Herpetologi Indonesia dengan Tema “Perkembangan dan Tantangan Herpetologi Indonesia Pasca Pandemi” secara daring, pada Sabtu (26/03).

“Ilmu Herpetologi Indonesia sudah mulai berkembang pasca tahun 2000. Minat khalayak semakin tinggi, antara lain dari akademisi, baik mahasiswa, dosen, peneliti,, maupun non government organization (NGO) atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta pihak penggiat konservasi in-situ maupun ek-situ,” ungkap Amir yang juga Ketua Penggalang Herpetologi Indonesia (PHI).

“Kita lihat ada tiga aspek yaitu pertama, aspek keilmuwan adalah perkembangan ilmu herpetologi baik dari taksonomi, sistematik, dan ekologi. Kedua, konservasi dan ketiga, rekomendasi yang akan diberikan. Jadi beberapa aspek tersebut sudah terlibat di kebijakan dalam mendukung konservasi spesies herpetofauna (amfibi dan reptile),” imbuh Amir.

Amir menjelaskan “perkembangan ilmu herpetologi di Indonesia dari tahun ke tahun sangat didukung dengan naiknya intensitas temen-temen mahasiswa, dosen, peneliti, konservasionis terus meneliti dan memberikan informasi ilmiah dari skripsi, tesis, disertasi, beberapa aksi konservasi yang dapat memberikan suatu rekomendasi kebijakan. “Jadi evaluasi status perlindungan satu spesies masuk disana, pertimbangan pada pemerintah terkait populasi jenis juga sudah dilaksanakan oleh beberapa teman-teman muda yang terlibat di dalam penggalang herpetologi Indonesia,” sambungnya.

Sejak kongres terakhir tahun 2019, harusnya sudah dilaksanakan tahun 2021 tapi karena kondisi pandemik, kita bisa melaksanakan di tahun 2022. “Kondisi pandemi memang sangat berimbas sekali pada pola hidup. Topik acara hari ini terkait dengan pandemi, melihat dari beberapa sisi yaitu dari sisi species di alam, adanya recovery populasi suatu spesies, pemanfaatan, perkembangan ilmu herpetologi karena banyaknya minat peneliti di dalam pengembangan ilmu herpetologi, termasuk beberapa peneliti muda akan memberikan kontribusi terkini yang cukup banyak di dalam perkembangan ilmu herpetologi,” jelas Amir dalam sambutannya.

Amir menerangkan bahwa di dalam seminar ini ada 34 pemakalah sharing informasi tentang riset yang dilaksanakan seluruh indonesia dari berbagai macam universitas, lembaga riset, NGO dan para penggiat konservasi. “Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada teman-teman yang hadir yakni anggota banyak dari generasi muda sangat dibanggakan,” tuturnya.

“Jika kita melihat 15 tahun yang lalu hepertologi indonesia hanya disokong oleh beberapa orang. Sekarang perkembangan cukup luar biasa, apalagi temen-temen yang sudah melaksanakan penelitian herpetologi sekarang sudah menjadi dosen di beberapa universitas. Simpul-simpul ini bisa dikembangkan baik di zona Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa tenggara, Maluku, dan Papua” tutup Amir. (shf ed sl)

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top