• 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

WhatsApp Image 2021 09 24 at 10.32.06

Cibinong, Humas BRIN. Indonesia menjadi salah satu pusat keanekaragaman hayati di dunia. Lebih dari 5000 spesies moluska terdapat di Indonesia. Bahkan, penelitian dunia menyebutkan terdapat dua kali lipat jumlah moluska yang belum teridentifikasi dari jumlah yang telah ditemukan saat ini. “Jadi masih banyak sekali moluska lain yang belum ditemukan dan menunggu untuk dapat diidentifikasikan, sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal,” ungkap Ayu Savitri Nurinsiyah, Peneliti Pusat Riset Biologi, Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), pada webinar Eksplorasi Kerang-Kerangan Berkelanjutan yang diselenggarakan Universitas Sam Ratulangi pada Kamis (23/9).

Doktor jebolan Hamburg University Jerman ini menjelaskan moluska memiliki banyak manfaat. Hewan lunak ini dapat diolah sebagai bahan pangan, obat, kosmetik, dan aksesoris. Besarnya potensi moluska inilah yang mendorong terbentuknya Indoensian Malacological Society sebagai suatu usaha pengarusutamakan moluska untuk konservasi dan pemanfaatan moluska secara berkelanjutan di Indonesia.

“Malacological Society adalah suatu wadah atau kumpulan yang terdiri dari Malacologist amateur dan profesional, pecinta, pemerhati dan peneliti moluska untuk saling bertukar informasi dan edukasi tentang moluska. Termasuk juga sebagai media untuk pengembangan kapasitas ilmu dasar dan ilmu aplikasi serta memperluas jejaring,” ungkap Ayu.

Ayu menambahkan malacological society memiliki banyak ragam. Diantaranya Freshwater Mollusk Conservations Society, Molluscan Genomics Interest Group, IUCN SCC Mollusc Specialist Group, Unitas Malacologica, The Malacological Society of London, Nederlandse Malacologische Vereniging, The American Malacological Society, The Malacological Society of Australasia, The Malacological Society of Japan, Asia Malacological Society, dan Masyarakat Moluska Indonesia (MMI).

“Organisasi profesi tersebut memberi banyak sekali manfaat, beberapa diantaranya memberikan research grants, travels grants, award dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan internasional. Tak hanya itu, komunitas ini juga mengelola jurnal ilmiah terkait moluska. Bahkan seperti American Malacological Bulletin yang dikelola The American Malacological Society dan Molluscan Research yang dikelola The Malacological Society of Australasia termasuk dalam kategori jurnal bereputasi tinggi,” ungkap Ayu.

“Untuk di Indonesia kita sudah membentuk MMI sejak tahun 2009. Visi MMI sendiri hampir sama dengan organisasi profesi sejenis yaitu sebagai media pertukaran informasi dan kompetensi sumber daya manusia dalam pengungkapan keanekaragaman hayati dan potensi moluska Indonesia, sehingga dapat mendukung pemerintah secara khusus, dan masyarakat secara umum dalam upaya konservasi dan pemanfaatan moluska yang berkelanjutan,” jelas Ayu yang juga menjabat sebagai Ketua MMI.

Tak hanya itu, memiliki anggota dari berbagai latar belakang yang berbeda juga membuat MMI memiliki potensi besar untuk meningkatkan animo masyarakat untuk mengarusutamakan moluska, sehingga informasi bisa tersebar luas ke seluruh Indonesia. “Melalui MMI kita ingin memberi edukasi kepada masyarakat, baik masyarakat yang terlibat langsung maupun yang belum mengenal moluska dan menjadikan MMI sebagai tempat untuk kolaborasi penelitian,” imbuhnya

Pada prinsipnya malacological society baik yang ada di Indonesia maupun di dunia memiliki peran penting dalam menyebarluaskan pengetahuan terkait moluska karena yang bergabung di dalam komunitas adalah orang-orang yang ingin belajar, sehingga terjadi pergantian informasi.

“Diharapkan dengan adanya pengarusutamakan moluska, pengetahuan dan upaya konservasi, serta pemanfaatan moluska secara berkelanjutan dapat tersebar luas ke berbagai elemen masyarakat baik di Indonesia maupun di dunia,” tutup Ayu. (sa/ed.sl)

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top