• 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

ngengat

Cibinong, Humas LIPI. Indonesia memiliki keanekaragaman ngengat yang tinggi, diperkirakan lebih dari 12.000 jenis atau lebih dari 5% dari total jenis Lepidoptera di dunia (sekitar 160.000 jenis). Tidak seluruh kelompok ngengat merupakan hama. Beberapa kelompok ngengat Larvae geometridae yang dikenal sebagai perampas daun atau defoliator tumbuhan hutan tidak dikategorikan sebagai hama. Bahkan kelompok ini mempunyai peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan vegetasi hutan. Selain itu peran penting ngengat lainnya adalah sebagai penyerbuk, penghasil benang sutra, bio indikator dan sumber protein.

Disisi lain,  potensi keragaman ngegat yang tinggi di Indonesia tidak diimbangi dengan data dan informasi yang lengkap. “Data dan informasi biologi ngengat masih sangat sedikit. Informasi yang relatif lengkap hanya pada jenis-jenis ngegat hama pertanian, perkebunan, dan kehutanan. Informasi biologi hanya dapat diungkap dengan penguasaan pengetahuan sistematika,” ungkap Hari Sutrisno dalam orasinya berjudul Peran Sistematika Ngengat untuk Mendukung Keefektifannya dalam Pengendalian Hama di Jakarta pada Selasa (6/10).

Dalam paparan orasinya, Peneliti bidang Zoologi pada Pusat Penelitian Biologi LIPI menjelaskan pengetahuan sistematika yang kuat terbukti mampu mengungkap keanekaragaman dan komposisi jenis ngengat dalam ekosistem tertentu, bahkan dapat menilai ekosistem mengalami gangguan akibat kegiatan manusia.

“Berdasarkan data, kita dapat memprediksi kemungkinan terjadinya ledakan populasi hama jenis tertentu di suatu kawasan dan mengungkap jenis hama ngengat baru maupun catatan hama baru.  Seluruh informasi sistematika ini akan meningkatkan keefektifan pengendalian hama terpadu, karena kesuksesan pengendalian hama sangat tergantung dari penguasaan sistematika hama,” imbuh Profesor Riset LIPI yang ke 147 tersebut .

Kajian sistematika ngengat telah dilakukan sejak zaman kolonial Belanda hingga saat ini. Prioritas pengembangan penelitian ngengat ke depan lebih diarahkan pada pengungkapan jenis-jenis ngengat yang ada di kawasan bagian timur Indonesia. Selain pengembangan database genomik, integrasi sistem digital, sistem kendali dan sistem informasi memiliki peran penting untuk pemecahan persoalan ngengat di masa yang akan datang. “Penerapan artificial intelligence atau barcoder dan biosensor mulai banyak diaplikasikan untuk mengungkapkan identitas sebuah jenis hama dan monitoring keberadaannya. Perlu sinergi antara ahli biosistematika, bioinformatika, dan ahli sistem kendali untuk menghasilkan alat ini,” terang Hari.

Pada akhir orasinya, Hari menegaskan kembali, bahwa ngengat sebagai bioindikator lingkungan dapat berfungsi sebagai bagian dari “early warning system” yang dapat mencegah kerusakan ekosistem dan ledakan hama di sebuah kawasan.  Informasi sistematika ngengat juga sangat diperlukan untuk melakukan negosiasi perdagangan produk segar hasil pertanian. “Sebagai negara pengekspor pertanian,  kita harus mampu menyusun daftar jenis hama yang berpotensi terbawa oleh produk ekspor. Selain itu kita harus mampu menyediakan informasi tentang strategi pengelolaan hama secara lengkap dengan bukti-bukti ilmiah. Saya yakin melalui penguasaan sistematika ngengat yang kuat, peningkatan produksi pertanian dan volume ekspor produk pertanian ke mancanegara bisa ditingkatkan, “tutup Hari. (sa/ed.sl)

Berita telah ditayangkan di http://lipi.go.id/berita/Peran-Sistematika-Ngengat-dalam-Pengendalian-Hama-Terpadu/22174

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top