• 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

WhatsApp Image 2020 07 29 at 21.10.29

Cibinong, Humas LIPI. Upaya mengungkap biodiversitas terus dilakukan LIPI. Salah satunya melakukan eksplorasi terestrial Pulau Sumba. Ekspedisi Sumba adalah ekspedisi yang melibatkan hampir 100 orang. Tak hanya LIPI, namun pihak lain di luar LIPI. “Ekspedisi ibarat bentuk kecintaan para peneliti untuk terus mencari dan mengungkap biodiversitas nusantara, termasuk Pulau Sumba dengan pesona sabananya,”ungkap Atit Kanti, Kepala Pusat Penelitian Biologi.

Cahyo Rahmadi, selaku Plt. Kepala Bidang Zoologi menjelaskan penyelenggaraan webinar biodiversitas nusantara seri kedua yang berjudul “Perjalanan ke Sumba: Menyusuri Pesona Sabana di Negeri Seribu Bukit” pada Selasa (28/7), merupakan kegiatan diseminasi hasil ekspedisi yang dilakukan Pusat Penelitian Biologi pada tahun 2016. Banyak buku ekspedisi yang dihasilkan LIPI berisi informasi tentang pengetahuan kekayaan keanekeragaman hayati. “Ini bentuk pertanggungjawaban LIPI mengungkap temuan dari hulu ke hilir di Pulau Sumba, mulai dari fauna, flora dan mikrobiologi,” ungkap Cahyo.

Maharadatunkamsi, satu satu Peneliti Zoologi yang terlibat dalam ekspedisi mengungkapkan tujuan ekspedisi ini adalah melengkapi data biodiversitas fauna di Pulau Sumba, sehingga terlihat status konservasi, catatan baru, peran ekologi dan upaya pemanfaatan berkesinambungan. Fokus ekspedisi Sumba dilakukan di Taman Nasional (Tn) Manupea Tanahdaru Laiwangi Wanggaweti (Matalawa). Lokasi pengamatan fauna mamalia di timur Laiwangi Wanggaweti. Inventarisasi fauna dilakukan dengan kombinasi pengamatan dan penangkapan selama empat hari. “Pengamatan di pagi dan malam hari, sedangkan penangkapan di malam hari. Ekspedisi sumba berhasil mencatat 27 jenis spesies mamalia, diantaranya 2 jenis catatan baru,” ungkap Datun.

Menurut Siti Meliah, Peneliti Mikrobiologi yang ikut serta dalam ekspedisi menjelaskan vegetasi Tn. Matalawa cukup tinggi. “Kami berhasil mengoleksi 80 sampel dari tanaman obat, serasah,tanah, kayu lapuk, tanaman fermentasi, gua kapur, perairan sungai dan hutan primer, padang rumput, goa, sungai dan pasar tradisional. Isolasi sampel menghasilkan 470 isolat mikroorganisme yang terdiri dari  dari 284 bakteri, 124 khamir, 38 kapang  dan 34 mikroalga. Termasuk adanya catatan baru pada  kelompok Myctobacteria,” tutur Siti.

Selain itu dirinya bersama tim juga berhasil melakukan skrining awal potensi mikroorganisme di bidang energi  (khamir dan mikroalga) dan bidang kesehatan (filum Actinibacteria dan Proterobacteria).

Sedangkan Alex Sumadijaya, Peneliti Botani mengungkap banyak studi yang mempelajari flora Sumba sejak tahun 1974 dan diterbitkan. Ekspedisi Sumba mencatat berbagai temuan tumbuhan kelas tinggi yang terbagi menjadi 103 jenis, 83 marga dan 42 suku. “Prosentasi tumbuhan di Sumba 21 % didominasi oleh rumput, sisanya tumbuhan lain. Studi ekologi Sumba terdahulu menemukan banyak hutan elfin yang didominasi  pohon kerdil terbungkus lumut. Namun yang menarik pada ekspedisi kali ini, ditemukan  hutan pegunungan di Puncak Wanggaweti. Selain itu, peneliti botani lainnya juga menemukan tanaman potensial yaitu jewawut sebagai sumber karbohidrat dan kacang tungggak sumber protein di Sumba,” ungkap Alex.

Memen Suparman, Kepala Balai Tn. Matalawa berharap perlu dilakukan ekspedisi lanjutan untuk menggali potensi bioresources, khususnya bioprosfecting di Tn. Matalawa. “Kawasan Manupea Tanahbaru di sebelah Barat perlu dieksplorasi, untuk itu kami membuka kerja sama demi menguatkan fungsi pengelolaan Tn. Matalawa,” tutup Memen. (sa ed sl)

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top